UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK MELALUI MEDIA SMALL NUMBER RODS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI SPS TAAM AL FAUZIYAH

Authors

  • Rahma Mardia Institut Agama Islam Tasikmalaya

Keywords:

erpikir Simbolik, Media Pembelajaran, Small Number Rods

Abstract

Pada kegiatan pembelajaran di SPS TAAM Al Fauziyah kelompok A, ditemukan adanya masalah yaitu masih
rendahnya kemampuan berpikir simbolik anak khususnya pada mengenal konsep bilangan. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik dengan media small number rods. Jenis penelitian
ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini terdiri dari 14 orang anak, yang terdiri dari 5 anak lakilaki dan 9 anak perempuan. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini jika
diperoleh data dengan kategori baik, yaitu apabila rata-rata kemampuan anak mencapai minimal 75%. Penelitian
ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan penilaian dari lima indikator yaitu: anak mampu mengurutkan
lambang bilangan 1-10, anak mampu menunjukkan lambang bilangan dengan tepat, anak mampu membilang
benda dengan tepat, anak mampu mencocokkan jumlah bilangan dengan lambang bilangan, anak mampu
membedakan banyak dan sedikit. Adapun hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pada siklus I diperoleh
rata-rata nilai seluruh indikator dari seluruh anak sebesar 39,29%, pada siklus II meningkat menjadi 66,06%,
pada siklus III kembali meningkat menjadi 84,99%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan media small
number rods dapat meningkatkan kemampuan berpikir simbolik khususnya dalam mengenal konsep bilangan
pada anak kelompok A SPS TAAM Al Fauziyah,

Downloads

Published

2023-10-31