MENINGKATKAN KERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) di SPS TAAM AT- TAUFIQ
DOI:
https://doi.org/10.70143/almarifah.v3i1.237Keywords:
pembelajaran berbasis proyek, kerjasamaAbstract
Penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran di pendidikan anak usia dini merupakan bagian
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama anak usia 5-6 tahun melalui
pembelajaran berbasis Project Based Learning (PJBL) di SPS TAAM At-Taufiq. Pembelajaran
berbasis Project Based Learning (PJBL) dengan menggunakan permainan eksperimen gunung
meletus dipilih karena dapat meningkatkan kerjasama anak. Jenis penelitian ini yaitu penelitian
tindakan kelas. Subjek penelitian ini terdiri dari 20 siswa di SPS TAAM ATTAUFIQ, yang terdiri
dari 11 laki-laki dan 9 anak perempuan. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif jenis penelitian kualitatif
memiliki sifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Indikator keberhasilan Penelitian
ini jika diperoleh data dengan kategori baik (<66%). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus,
dengan penelitian dari delapan indikator yaitu : setiap anak mau bergabung dan berinteraksi
bersama kelompoknya, anak mampu terlibat aktif dalam permainan kelompok, tanggung jawab
dalam menyelesaikan tugas, anak mampu untuk tidak ingin menang sendiri, anak mampu
merespon dengan baik bila ada menawarkan bantuan, anak mampu bersikap tolong menolong
dan membantu dengan teman, anak mampu membereskan mainan bersama-sama. Adapun hasil
yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pada siklus I diperoleh rata-rata nilai seluruh indikator
dari seluruh anak sebesar 44,125% pada siklus II meningkat menjadi 86,875%. Hal ini
menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil dan dihentikan karena nilai diperoleh sudah
mencapai 87% dengan kategori baik