PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN PERMAINAN EDUKATIF SMART CUBE
DOI:
https://doi.org/10.70143/almarifah.v3i1.239Keywords:
Kemampuan kognitif anak, Alat Permainan Edukatif Smart CubeAbstract
Perkembangan kognitif pada anak usia dini merupakan perubahan psikis yang berpengaruh
terhadap kemampuan berpikir, Alat permainan edukatif merupakan media pembelajaran yang
dibuat secara sengaja dirancang untuk pendidikan yang ditujukan membantu perkembangan anak
APE Smart Cube salah satu alat permainan edukatif yang merupakan kegiatan pembelajaran
tentang pengenalan angka, penjumlahan sederhana yang mudah dimainkan. Pembelajaran model
eksisting jarang mengunakan APE sehingga anak tidak tertarik pada materi pembelajaran dan tidak
termotivasi untuk mengikuti pembelajaran hal ini mengakibatkan hasil belajar anak rendah, hal
tersebut dapat dilihat dari hasil observasi awal terhadap anak-anak mencapai persentase 26,2%.
Oleh karena itu guru perlu menimbulkan aktivitas anak dengan kreatifitas yang menarik dan
menyenangkan. Pendekatan penelitian yang diambil menggunakan model penelitian tindakan
kelas. Pendekatan penelitian menggunakan model yang digunakan oleh Kurt Lewin yang dimulai
dengan rencana, tindakan, pengamatan, refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6
tahun di TKA Nurul Huda yang berjumlah 12 orang. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan dalam penelitian pada siklus I
mendapatkan nilai sebesar 29,52%, pada siklus II dengan persentase 56,6% pada siklus III dengan
persentase 83,3%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran menggunakan
media pembelajaran dapat mempengaruhi anak usia 5-6 tahun dalam kemampuan kognitif
berpikir simbolik anak