UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Ferawati Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Aat Hayatun Nupus Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Hesti Agustiani Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/almarifah.v5i1.342

Keywords:

Media Audio Visual, Sikap Toleransi, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan sikap toleransi pada anak usia dini, khususnya melalui materi menonton film animasi tentang perlawanan terhadap perundungan (bullying) dan penghargaan terhadap perbedaan di RA Miftahul Islam, Kampung Tawangsari, Kecamatan Gunungtanjung, Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini berfokus pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penerapan media audio visual dalam mendukung perkembangan sikap toleransi pada anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan pada kelompok B dengan rentang usia 5-6 tahun, melibatkan 30 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus pertama, 20% dari 30 siswa mencapai kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus kedua, terjadi peningkatan, di mana 35% siswa mencapai kategori BSH dan 58% masuk kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual efektif dalam meningkatkan sikap toleransi pada anak usia dini.

Downloads

Published

2024-09-29