http://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Asatidzuna/issue/feed Asatidzuna |Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 2025-04-24T22:07:46+07:00 Open Journal Systems <p>Asatidzuna adalah juranal yang diterbitkan oleh program Studi Pendidikan Guru madrasah ibtidaiyah, Institut Agama Islam Tasikmalaya. Jurnal ini menerima sumbangan penulisan dari berbagai kalangan dari mahasiswa, guru, dosen , peneliti dengan ruang lingkup maslah pendidikan keislaman, madrasah, sekolah dan manajemen kemadrsahanan baik di lingkungan kemenag maupun dinas pendidikan. Jurnal ini tertbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan September dan Maret.</p> <p>ISSN : <strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit?search=2963-3966" target="_blank" rel="noopener">2963-3966</a></strong></p> http://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Asatidzuna/article/view/493 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SCIENTIFIC REASONING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDIT WASILATUL HUDA KOTA TASIKMALAYA 2025-04-23T16:18:55+07:00 Suci Zakiyah uz.ucizakiah@gmail.com Irfan Hilman irfanhilman@uniga.ac.id Nuri Nurul Aini nurinurulaini115@gmail.com <p>Penelitian ini di latar belakangi adanya faktor rendahnya kemampuan <em>Scientific reassoning</em> peserta didik, hal ini dapat dilihat dari kurangnya nilai hasil tes siswa khusunya pada mata Pelajaran IPA dikelas V. <em>Scintific reasoning</em> atau penalaran ilmiah merupakan kemampuan berpikir sistematis dan logis yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan metode ilmiah meliputi tahap mengevaluasi fakta, membuat prediksi dan hipotesis, menentukan dan mengontrol variabel, merancang dan melakukan eksperimen, mengumpulkan data, menganalisis data dan mengambil Kesimpulan. Dari permasalahan tersebut masalah yang akan diteliti yaitu mengenai pengaruh model pembelajaran <em>Inquiry-Based Learning</em> terhadap kemampuan <em>Scientific Reasoning peserta didik</em>. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan pengaruh model pembelajaran <em>Inquiry Based Learning</em> di SDIT terhadap kemampuan scientific reasoning pada mata pelajaran IPA di kelas V SDIT Wasilatul Huda. Metode penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan <em>One Group time Series Design</em>. Populasi pada penelitian ini berjumlah 146 peserta didik kelas 1 sampai V SDIT Wasilatul Huda. Sampel penelitian inti terdiri dari satu kelas yaitu kelas V. Instrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 25 butir soal yang dikembangkan berdasarkan <em>Lawson Classroom Test Scientific Reasoning</em> (LCTSR) dan observasi lapangan berupa wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran <em>Inquiry-Based Learning</em> terhadap kemampuan <em>Scientific Reasoning</em> peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil signifikan yang diperoleh sebesar 0,000 yang berarti sig.&lt;0,05 sehingga H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut terbukti bahwa model pembelajaran <em>Inquiry-Based Learning</em> berpengaruh terhadap kemampuan <em>Scientific Reasoning</em> peserta didik</p> <p><em> </em></p> 2025-03-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Asatidzuna |Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah http://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Asatidzuna/article/view/492 DAMPAK DIGITALISASI TERHADAP KESIAPAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 2025-04-23T16:14:29+07:00 Nina Yuningsih ninayuningsih@iaitasik.ac.id <p>Digitalisasi telah menjadi salah satu pilar utama dalam transformasi pendidikan di era Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak digitalisasi terhadap kesiapan guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam menghadapi tantangan perubahan teknologi dan metode pembelajaran yang semakin modern. Guru MI, sebagai ujung tombak pendidikan dasar Islam, memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan kompetensi siswa. Namun, dengan kemajuan teknologi yang pesat, diperlukan adaptasi yang signifikan agar mereka dapat tetap relevan dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru MI masih menghadapi berbagai kendala dalam mengadopsi teknologi digital, seperti kurangnya pelatihan, infrastruktur yang terbatas, serta minimnya literasi digital. Meskipun demikian, ada beberapa guru yang menunjukkan inisiatif mandiri dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menekankan pentingnya program pelatihan berkelanjutan bagi guru MI untuk meningkatkan kompetensi digital mereka. Selain itu, dukungan kebijakan dari pemerintah dan lembaga pendidikan juga diperlukan guna menyediakan akses teknologi yang merata. Dengan demikian, digitalisasi tidak hanya menjadi tantangan, tetapi juga peluang untuk memperkuat kualitas pendidikan di madrasah. Digitalisasi</p> 2025-03-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Asatidzuna |Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah http://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Asatidzuna/article/view/420 ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA "PIZZA" DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS 2 MI/SD DI KECAMATAN TLOGOMULYO 2025-01-09T13:39:10+07:00 Anisatul Halimah anisatulhalimah999@gmail.com Hamidulloh Ibda h.ibdaganteng@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran “pizza” dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi bilangan pecahan untuk siswa kelas 2 MI/SD di Kecamatan Tlogomulyo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengam desain survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 10 siswa dan 5 guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa sangat membutuhkan media pembelajaran “pizza” karena dapat meningkatkan pemahaman, motivasi, keaktifan belajar, serta kolaborasi di dalam kelompok. Siswa jga beraharap media tersebut memiliki desain yang menarik dan menyerupai bentuk aslinya. Di sisi lain, sebagaian besar guru menilai bahwa media “pizza” relevan dengan kurikulum, mudah digunakan, dan efektif dalam menjelaskan konsep bilangan pecahan. Mereka juga berharap agar media ini dapat mendukung proses pembelajaran yang lebih kreatif , menarik, dan kontekstual. Secara keseluruhan, penelitian ini memngungkapkan bahwa media “pizza” memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas 2 MI/SD.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>media pembelajaran; bilangan pecahan; matematika</p> 2025-03-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Asatidzuna |Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah http://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Asatidzuna/article/view/414 ANALISIS KEMAMPUAN TPACK CALON GURU MI DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK DIGITAL 2025-01-08T12:53:19+07:00 Suci Nurmatin nurmatin90@gmail.com <p>Sebuah studi dengan melibatkan empat orang mahasiswa tingkat 2 yang mengampu mata kuliah pembelajaran IPA, memiliki tujuan untuk menganalisis kemampuan TPACK calon guru dalam membuat <em>Big book digital </em>sebagai media pembelajaran. TPACK merupakan kepanjangan dari <em>Technological Pedagogical Content Knowledge </em>yang didefinisikan sebagai kemampuan guru dengan mengintegrasikan antara konten, pedagogi dan teknologi dengan tujuan agar peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru melalui teknologi. Kemampuan TPACK berhubungan dengan pembuatan media pembelajaran salah satunya <em>Big book digital</em>. <em>Big book digital </em>dalam penelitian ini merupakan buku cerita dalam bentuk digital dengan gambar dan teks yang besar serta memiliki warna-warni yang menarik. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah format rubrik penilaian <em>Big book </em>digital<em>. </em>Hasil analisis media pembelajaran <em>Big book </em>digital kemudian dianalisis untuk setiap partisipan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan TPACK partisipan dalam membuat media pembelajaran <em>Big book </em>digital berada pada kriteria sangat baik dan sangat baik.</p> 2025-03-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Asatidzuna |Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah http://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Asatidzuna/article/view/495 PEMBELAJARAN KITAB AL HIKAM KARYA SYAIKH IBNU ATHAILLAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SANTRI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL ULUM 2025-04-24T06:51:09+07:00 Wildan Mahmudin wildanmahmudin@iait.ac.id Uci Sanusi ucisanusi265@gmail.com <p>Manusia dalam perkembangan jasmani dan rohani dipengaruhi oleh faktor dari dalam atau luar. Maka mempunyai peran penting dalam membantu perkembangang tersebut pada setiap indibvidu atau peserta didik. program pendidikan di pesantren Hidayatul Ulum diarahkan agar santrinya menjadi orang yang <em>Taqarub </em>kepada Allah SWT, yang mana dengan diadakanya pembelajaran Kitab Al-Hikam, yang berisi tentang masalah keesaan. Perwujudan santri dekat dengan Allah adalah kepribadian yang mana aktifitas hidupnya selalu merasakan di lihat dan di dengar oleh sifat <em>sama</em>’ dan sifat <em>bashar </em>Allah. Sehingga semua yang dilakukan oleh para santri dalam amal sehari hari ingin mendapatkan ridho Allah SWT. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Kitab Al hikam karya Syaikh Ibnu Athaillah ini memberikan banyak ajaran tentang pentingnya ikhlas, tawakal, sabar, serta memahami hakikat kehidupan dunia dan akhirat. Beberapa pokok ajaran dalam Al-Hikam, antara lain: ikhlas dalam beribadah, tawakkal, penyucian diri dan kesabaran serta keikhlasan. sehingga dapat memberikan pengaruh terhadap perilaku keberagamaan santri dengan peningkatan kualitas ibadah, keikhlasan dalam bertindak dan tingkat kedalaman spiritual, sabar dan tawakal dalam menghadapi masalah.</p> 2025-03-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Asatidzuna |Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah http://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Asatidzuna/article/view/496 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VI MI PERSIS GANDOK KOTA TASIKMALAYA 2025-04-24T07:14:51+07:00 Taufik Rohman taufiqrohman1983@gmail.com Risa Nuri Sahar risanurisahar412@gmail.com <p>This research aimed to examine the use of audio-visual media on mathematics learning outcomes in spatial construction material in class VI MI Persis Gandok, Tasikmalaya City. This research is a pre-experimental design type One group Pretest – Posttest design research. The research was carried out at MI Perisis Gandok, Tasikmalaya City, academic year 2023/2024. The population of this research is all MI students in West Java, while the target population is MI Persis Gandok students, in Tasikmalaya City. The sample in this study used a purposive sampling technique. From the affordable population, one class was selected as the research sample, namely class VI-B. The research instrument was a description test which had previously been analyzed by two mathematicians. Analysis of the research results was carried out using SPSS Ver.25 software. Data processing for testing the influence of the use of audio-visual media on mathematics learning outcomes in spatial building material was carried out using the t-test at a significance level of 5% (ά=0.05). The research results showed that the average pre-test score was 73.58 the post-test score was 85.65 and the Sig. (2-tailed) of 0.000 then Ha is accepted (H0 is rejected). This means that there is an influence of the use of audio-visual media on Mathematics learning outcomes in spatial construction material in Class VI MI Persis Gandok, Tasikmalaya City.</p> 2025-03-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Asatidzuna |Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah http://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Asatidzuna/article/view/497 PENGARUH MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V MI YAYASAN ISLAM KOTA TASIKMALAYA 2025-04-24T21:45:31+07:00 Astri Nur Islamy astri@iaitasik.ac.id Rahsa Nurin Wakil rnurinwakil@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan penggunaan media cerita bergambar terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V MI Yayasan Islam Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain metode <em>True Eksperimental Design </em>tipe <em>Pretest-Posttest Control Group Design</em>. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik <em>sampling purposive</em>. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi MI Yayasan Islam tahun pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V-A (kelas eksperimen) berjumlah 13 orang dan V-B (kelas kontrol) berjumlah 15 orang. Penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Data kemampuan membaca pemahaman dianalisis menggunakan uji-t, diperoleh hasil nilai Sig <em>(2-tailed) </em>yaitu 0,000 &lt; 0,05. Sesuai dengan kaidah pengambilan keputusan, bahwa nilai sig (2-tailed)&lt; 0,05 atau 0,000 &lt; 0,05 menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka terdapat pengaruh media cerita bergambar terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menetukan gagasan pokok dan kalimat utama di kelas V MI Yayasan Islam. Terdapat perbedaan nilai hasil keterampilan membaca pemahaman siswa sebelum dan sesudah dilakukan dengan media cerita bergambar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Yayasan Islam Tasikmalaya.</p> 2025-03-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Asatidzuna |Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah