Arsip

  • Zakat dan Pembangunan
    Vol 1 No 1 (2020)

    Zakat yang dianalisa dalam berbagai perspektif ilmu dan konsep. Tata kelola dan pemanfaatan zakat secara optimal, efektif, dan efisien merupakan instrumen kedermawanan dalam meningkatkan ekonomi Indonesia. Zakat merupakan kewajiban umat Islam yang hukumnya tersurat seperti dalam Surah Az-Zariyat: 19, bahwa di dalam harta yang lebih terdapat hak untuk diberikan kepada masyarakat miskin agar menjadi solusi bagi mereka dalam menyelesaikan masalah kesejahteraan umat.

    Untuk sampai pada tujuan itu, pemikiran ilmiah tentang zakat menjadi suatu keharusan dalam dinamisnya zaman, pula pemikiran ilmiah tersebut harus sampai kepada khalayak agar menjadi suatu aksi nyata bersama.

  • Ekonomi dan Bisnis Islam
    Vol 1 No 1 (2022)

    La Zhulma: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Tasikmalaya.  Jurnal ini berisi artikel ilmiah dari hasil penelitian, analisis, kajian teoritis dan empiris di bidang ekonomi syariah, manajemen dan bisnis. Diterbitkan dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Februari dan Agustus. La Zhulma didedikasikan untuk menyediakan ruang intelektual diskusi ilmiah bagaimana ekonomi Islam mampu menciptakan formasi baru dalam tatanan ekonomi global, manajemen, bisnis dan isu-isu lainnya yang relevan.