Eksistensi dan Paradigma Keilmuan Manajemen Pendidikan Islam

Penulis

  • Imas Siti Masuroh MIN 2 Kota Tasikmalaya
  • Saddam Shalahudin Ibrahim IAI Tasikmalaya

Kata Kunci:

Manajemen Pendidikan, Paradigma Keilmuan

Abstrak

Perkembangan kajian Manajemen Pendidikan pada tahun 2005 di Indonesia semakin
memperlihatkan kepesatannya, hal ini berdampak pada; 1) banyaknya Program Studi
Administrasi Pendidikan di beberapa perguruan tinggi yang telah melepaskan diri dari
Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) yang telah bertransformasi menjadi
Program Studi Manajemen Pendidikan; 2) maraknya pembukaan Program Studi
Manajemen Pendidikan baik di tingkat S-1, S-2 maupun S-3, baik di perguruan tinggi
swasta maupun negeri. Gejala di atas berimbas pula pada pendidikan Islam. Pada tahun
2007, Departemen Agama menitipkan 30 orang dosen Perguruan Tinggi Agama Islam
untuk mengikuti program beasiswa doktor bidang Manajemen Pendidikan ke
Universitas Islam Negeri Bandung. Harapannya, setelah lulus, mereka dapat
memperbaiki pengelolaan pendidikan Islam. Kajian terhadap Manajemen Pendidikan
Islam pun semakin sering dilakukan di hampir seluruh Pendidikan Tinggi Islam (diktis)
di Indonesia. Fenomena ini mendapatkan momentumnya setelah sejumlah Institu Agama
Islam Negeri (Jakarta, Yogyakarta, Malang dan Bandung), dalam rentang waktu 2004-
2006, sukses mengubah bentuk kelembagaan dan pengelolaannya menjadi Universitas
Islam Negeri.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-31

Terbitan

Bagian

Articles