UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI PENGGUNAAN MINI BOOKLET

Authors

  • Ajang Ramdani Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Neng Ayu Sri Rahayu Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/almarifah.v5i1.340

Keywords:

Kemampuan Menyimak, Media Mini Booklet Cerita

Abstract

Kemampuan menyimak merupakan landasan esensial dalam membangun komunikasi yang efektif pada anak-anak. Anak yang memiliki keterampilan menyimak yang baik cenderung lebih mudah dalam memahami instruksi, cerita, dan percakapan sehari-hari, yang merupakan kunci untuk mengembangkan keterampilan sosial dan interaksi yang kuat di berbagai lingkungan. Namun, observasi pada 16 Januari 2024 di Paud Kober Ceria Cibeureum Tasikmalaya menunjukkan bahwa kemampuan menyimak anak-anak usia dini masih belum optimal. Respons mereka terhadap bahasa verbal sering kali kurang, dan pemahaman mereka terhadap instruksi sederhana masih lemah. Saat mendengarkan cerita atau dongeng, minat anak-anak juga terlihat kurang. Salah satu media yang dapat membantu adalah booklet, yaitu buku kecil yang berfungsi sebagai alat bantu visual dengan konten ringkas dan langsung pada intinya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran di kelas melalui tindakan yang dilakukan oleh guru. Menurut hasil penelitian, pada siklus I, rata-rata persentase kemampuan menyimak pada empat indikator mencapai 45,97%. Setelah tindakan perbaikan pada siklus II, persentase rata-rata kemampuan menyimak meningkat signifikan menjadi 70,53%, menunjukkan perkembangan yang cukup baik pada anak-anak kelompok B.

Downloads

Published

2024-09-29