PENGGUNAAN FLASHCARD BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA ALFABET ANAK USIA DINI DI RA AL HUDA KECAMATAN CIPEDES KOTA TASIKMALAYA
Abstrak
Kosakata alfabet merupakan fondasi awal dalam penguasaan literasi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak usia 5–6 tahun dalam mengenal dan menggunakan kosakata alfabet melalui media pembelajaran flashcard bergambar. Penelitian dilakukan di RA Al Huda, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang terdiri atas tiga siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan flashcard bergambar dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal, menyebutkan, menulis, dan membaca kosakata alfabet. Peningkatan dapat terlihat dari perbandingan capaian pada tahap pra tindakan, siklus I, siklus II, dan siklus III. Pada siklus akhir, sebanyak 60% anak mencapai kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 22,5% Berkembang Sangat Baik (BSB). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard bergambar merupakan strategi yang efektif dalam pembelajaran bahasa untuk anak usia dini.