PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN SEKSUAL AWAL PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN (KOBER) AR RAHMAH TASIKMALAYA

Penulis

  • Rifa Nurulfatia Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Ela Amalia Institut Agama Islam Tasikmalaya

Kata Kunci:

Pendidikan seksual awal, Anak Usia Dini, Media Cerita Bergambar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anak usia dini tentang pendidikan seksual sejak awal melalui media cerita bergambar di KOBER Ar Rahmah. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 28 orang, yang terdiri atas 1 orang ketua pengelola, 1 orang guru pendamping, 13 orang wali murid, dan 13 orang anak usia 2–4 tahun. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, serta penilaian hasil belajar anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media cerita bergambar mampu meningkatkan pemahaman anak terhadap aspek pendidikan seksual awal, yaitu mengenal perbedaan jenis kelamin, memahami bagian tubuh pribadi dan batasannya (aurat), mengenal konsep sentuhan aman dan tidak aman, menjaga kebersihan diri, serta mampu memilih tontonan yang baik. Pada tahap pra-observasi, sebagian besar anak berada pada kategori Belum Muncul. Setelah pelaksanaan dua siklus, seluruh anak mengalami peningkatan hingga mencapai kategori Muncul dengan skor rata-rata 2,0 atau persentase 100%. Penggunaan media ini terbukti efektif dan menyenangkan dalam meningkatkan pemahaman pendidikan seksual awal pada anak. Media ini memudahkan guru dan orang tua untuk mengenalkan materi yang sensitif secara wajar, menarik, dan sesuai perkembangan anak.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30

Terbitan

Bagian

Articles