MEMBANGUN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN ISLAMI

Penulis

  • Risma Yuliawati STIT Qurrota A’yun Garut
  • Sri Wahyuni STIT Qurrota A’yun Garut

Kata Kunci:

Anak Usia Dini, Sosial-Emosional, Pendidikan Islam, Nilai-nilai Islam

Abstrak

Perkembangan kecerdasan sosial-emosional pada anak usia dini merupakan landasan penting untuk membentuk karakter dan kepribadian anak di masa depan. Anak-anak dengan kecerdasan sosial-emosional mampu mengenali dan mengelola emosi mereka, membangun hubungan positif dengan orang lain, dan menunjukkan ketegasan dan tanggung jawab sosial. Dalam konteks Pendidikan Anak Era Islam (PIAUD), pendekatan Islam dapat menjadi dasar yang kuat untuk memelihara nilai-nilai sosial-emosional sejak dini. Artikel ini membahas bagaimana nilai-nilai Islam diintegrasikan ke dalam kegiatan pembelajaran di lembaga pendidikan anak usia dini. Ajaran Islam - seperti welas asih, ketegasan, kesabaran, dan membantu sesama - diimplementasikan dalam berbagai kegiatan pembelajaran di lembaga PIAUD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan metode studi kasus berbasis perpustakaan sebagai rechnique primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Islam tidak hanya mendukung pengembangan kemampuan sosial-emosional anak, tetapi juga memperkuat pembentukan karakter mulia sejak dini. Artikel ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dan calon pendidik dalam merancang pembelajaran yang mendukung pengembangan holistik kompetensi sosial-emosional anak berdasarkan nilai-nilai Islam

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30

Terbitan

Bagian

Articles