Al-Marifah | Journal Pendidikan Islam Anak Usia Dini https://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Al-Marifah <p>Jurnal ini berisi dari hasil penelitian, pemikiran dan temuan ilmiah yang mendalami masalah pendidikan Islam anak usia dini, perkembangan pendidikan anak, metode pendidikan anak, dan semua yang berhubungan dengan pendidikan anak usia dini dan semua yang berkaitan dengan pendidikan anak. Juranl ini diterbitkan satu tahun dua kali pada bulan Agustus dan Februari.</p> <p>ISSN :<a href="https://issn.brin.go.id/terbit?search=2961-9629" target="_blank" rel="noopener">2961-9629</a></p> <p> </p> en-US rahmamardia@gmail.com (Rahma Mardia) Iraanggraeni@gmail.com (Ira Anggraeni) Tue, 15 Apr 2025 16:38:17 +0700 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN MULTIBUDAYA PADA ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN PENGASUHAN EKOLOGI URIE BRONFENBRENNER DAN SIGNIFIKANSINYA TERHADAP PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA https://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Al-Marifah/article/view/465 <p>Mengintegrasikan cerita dan dongeng dari berbagai suku di Indonesia ke dalam kegiatan bercerita anak-anak dan mengajarkan lagu-lagu daerah dari berbagai suku untuk memperkenalkan keberagaman budaya Indonesia dapat membantu internalisasi nilai-nilai multibudaya dalam pembelajaran anak usia dini. Mengunjungi tempat ibadah, museum, atau lokasi permukiman suku-suku Indonesia tradisional Pendekatan pengasuhan ekologi <em>Urie Bronfenbrenner</em> melihat bagaimana berbagai sistem lingkungan (mikro, meso, ekso, dan makro) memengaruhi perkembangan anak usia dini dan menginternalisasi nilai pendidikan multibudaya. Keluarga dan lingkungan sosial anak-anak Indonesia sangat beragam dari segi ras, agama, budaya, dan suku (multikultural). Orang tua dan guru harus menanamkan keragaman ini pada anak-anak sejak dini melalui pendekatan ekologi. Selain itu, orang tua dan guru juga harus menggunakan pendekatan ekologi. Upaya untuk menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila kepada anak sejak usia dini sehingga mereka tumbuh menjadi individu yang mencerminkan jiwa dan semangat Pancasila. mengadopsi prinsip-prinsip Pancasila, seperti toleransi, gotong royong, dan keagamaan secara sederhana. memberi orang tua dan guru contoh sikap dan perilaku yang mengikuti nilai Pancasila, seperti berdoa, memberi salam, dan tolong-menolong. menggunakan metode yang sesuai dengan fase perkembangan anak usia dini. </p> Rahma Mardia Copyright (c) 2025 Al-Marifah | Journal Pendidikan Islam Anak Usia Dini https://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Al-Marifah/article/view/465 Sun, 30 Mar 2025 00:00:00 +0700 MANAJEMEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KESUNDAAN: PENDEKATAN HOLISTIK UNTUK PENGUATAN IDENTITAS BUDAYA DAN KEAGAMAAN DI JAWA BARAT https://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Al-Marifah/article/view/469 <p>Pendidikan Agama Islam (PAI) di era globalisasi menghadapi tantangan dalam mempertahankan nilai-nilai budaya lokal yang dapat memperkuat identitas dan harmoni sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi manajemen PAI berbasis nilai-nilai Kesundaan dalam mendukung penguatan karakter mahasiswa dan harmoni sosial, khususnya di wilayah multikultural Jawa Barat.</p> <p>Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Data dianalisis menggunakan metode penjodohan pola, pembuatan penjelasan, dan analisis deret waktu.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Kesundaan, seperti <em>"silih asah, silih asih, silih asuh,"</em> efektif dalam meningkatkan solidaritas sosial, toleransi, dan penghormatan terhadap perbedaan. Penggunaan teknologi digital sebagai alat pendukung pembelajaran memungkinkan perluasan jangkauan pendidikan, meskipun memerlukan pengelolaan etis untuk mencegah homogenisasi budaya. Penelitian ini menegaskan pentingnya pendekatan manajemen PAI yang seimbang antara modernisasi pendidikan dan pelestarian nilai-nilai budaya lokal.&nbsp;</p> <p>Implikasi penelitian ini mencakup kontribusi pada teori pendidikan berbasis budaya lokal serta panduan praktis untuk pengelolaan PAI yang inklusif, kontekstual, dan relevan dengan kebutuhan era digital. Studi lanjutan disarankan untuk memperluas cakupan wilayah budaya guna memperkuat generalisasi temuan ini.&nbsp;</p> Budi Rahayu Diningrat, Oki Lukmanul Hakim Copyright (c) 2025 Al-Marifah | Journal Pendidikan Islam Anak Usia Dini https://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Al-Marifah/article/view/469 Sun, 30 Mar 2025 00:00:00 +0700 PERSEPSI GURU TERHADAP INTEGRASI EDUKASI KRISIS IKLIM DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI https://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Al-Marifah/article/view/450 <p>Perubahan iklim global merupakan tantangan serius yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran strategis dalam membentuk kesadaran dan perilaku pro-lingkungan pada generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi guru PAUD terhadap integrasi edukasi krisis iklim dalam kurikulum mereka. Pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus digunakan untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai pandangan, pengalaman, dan tantangan yang dihadapi oleh para guru dalam mengimplementasikan edukasi krisis iklim. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi kelas, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru PAUD memiliki kesadaran yang tinggi mengenai pentingnya edukasi lingkungan dan dampak krisis iklim. Guru-guru menggunakan metode pengajaran yang kreatif dan interaktif, seperti cerita, permainan, dan kegiatan luar ruangan, untuk menyampaikan materi krisis iklim kepada anak-anak. Namun, mereka menghadapi berbagai tantangan, termasuk keterbatasan sumber daya, kurangnya materi ajar yang sesuai, dan waktu yang terbatas dalam jadwal pembelajaran. Dukungan dari pihak sekolah dan orang tua terbukti signifikan dalam keberhasilan integrasi edukasi krisis iklim. Dampak positif yang dilaporkan mencakup peningkatan kesadaran dan perubahan perilaku pro-lingkungan pada anak-anak. Kesimpulan penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan pelatihan dan penyediaan sumber daya yang memadai bagi guru PAUD untuk mengoptimalkan integrasi edukasi krisis iklim dalam kurikulum. Selain itu, kolaborasi yang lebih erat antara sekolah, guru, orang tua, dan komunitas lokal diperlukan untuk mendukung program edukasi lingkungan yang efektif. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang responsif terhadap isu krisis iklim, serta membuka peluang untuk penelitian lanjutan mengenai efektivitas metode pengajaran dalam pendidikan lingkungan di PAUD.</p> Ira Anggraeni Copyright (c) 2025 Al-Marifah | Journal Pendidikan Islam Anak Usia Dini https://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Al-Marifah/article/view/450 Sun, 30 Mar 2025 00:00:00 +0700 PENGARUH MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM TASIKMALAYA https://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Al-Marifah/article/view/473 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk melhat efektivitas matakuliah kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan quasi eksperimen. Lokasi penelitian ini dilakukan di dua rombel kelas di Institut Agama Islam Tasikmalaya. 1 kelas dijadikan sebagai kelas eksperimen penerapan matakuliah kewirausahaan dan 1 kelas dijadikan sebagan kelas kontrol menggunakan cara konvensional atau cara yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan minat kewirausahan mahasiswa setelah menggunakan treatment matakuliah kewirausahaan. Sehingga disimpulkan bahwa matakuliah kewirausahaan efektif untuk meningkatkan minat kewirausahaan pada mahasiswa</p> Ajang Ramdani Copyright (c) 2025 Al-Marifah | Journal Pendidikan Islam Anak Usia Dini https://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Al-Marifah/article/view/473 Sun, 30 Mar 2025 00:00:00 +0700 ANAK DENGAN GANGGUAN EMOSI https://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Al-Marifah/article/view/470 <p>Gangguan emosi pada anak merupakan kondisi yang dapat menghambat perkembangan psikologis, sosial, dan akademik mereka. Anak dengan gangguan emosi sering menunjukkan kesulitan dalam mengelola perasaan, berinteraksi dengan orang lain, serta beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Faktor penyebabnya meliputi aspek biologis, lingkungan keluarga, pola asuh, serta tekanan sosial. Jika tidak ditangani dengan baik, gangguan ini dapat berdampak jangka panjang terhadap kesejahteraan anak. Artikel ini membahas karakteristik gangguan emosi pada anak, faktor-faktor yang memengaruhinya, serta strategi intervensi yang dapat diterapkan oleh orang tua, pendidik, dan tenaga profesional. Dengan pemahaman yang lebih baik mengenai gangguan emosi pada anak, diharapkan dapat ditemukan pendekatan yang efektif untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan emosional yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup mereka</p> Fitri Rahayu, Sri Wahyuni Copyright (c) 2025 Al-Marifah | Journal Pendidikan Islam Anak Usia Dini https://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Al-Marifah/article/view/470 Sun, 30 Mar 2025 00:00:00 +0700 PILAR KARAKTER PONDASI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI https://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Al-Marifah/article/view/471 <p>Perkembangan sosial emosional pada anak usia dini adalah aspek yang sangat penting untuk membentuk kepribadian serta kesiapan mereka dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar (Dewi et al., 2020). Pilar-pilar karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan empati menjadi fondasi utama dalam membangun keterampilan sosial emosional yang kokoh. Artikel ini akan membahas penerapan pilar karakter dalam pendidikan anak usia dini dan peran penting yang dimainkan oleh pendidik serta orang tua dalam proses pembentukan karakter anak. Melalui metode pembelajaran yang berlandaskan pengalaman dan keteladanan, anak-anak dapat mengembangkan kecerdasan emosional serta kemampuan bersosialisasi yang baik. Dengan demikian, pendidikan karakter sejak dini sangatlah penting dalam menciptakan individu yang berakhlak mulia dan siap menghadapi tantangan sosial di masa depan.</p> Suci Nurmalia Putri Copyright (c) 2025 Al-Marifah | Journal Pendidikan Islam Anak Usia Dini https://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Al-Marifah/article/view/471 Sun, 30 Mar 2025 00:00:00 +0700 EFEKTIVITAS KEBAHAGIAAN BAGI ANAK USIA DINI DALAM KEHIDUPANNYA https://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Al-Marifah/article/view/472 <p>Kebahagiaan memiliki peran penting dalam perkembangan sosial emosional anak usia dini. Artikel ini membahas efektivitas kebahagiaan terhadap perkembangan sosial emosional anak dalam konteks pendidikan anak usia dini (PAUD). Kebahagiaan tidak hanya berkontribusi pada kesejahteraan psikologis, tetapi juga meningkatkan keterampilan sosial, kemandirian, dan kemampuan anak dalam mengelola emosi. Dengan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas kebahagiaan terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Dengan menggunakan metode kualitatif melalui studi literatur, penelitian ini mengkaji berbagai sumber yang membahas hubungan antara kebahagiaan dan perkembangan sosial emosional pada anak usia dini. Hasil analisis menunjukkan bahwa kebahagiaan memiliki peran signifikan dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak. Dan menunjukkan bahwa kebahagiaan tidak hanya meningkatkan interaksi sosial, tetapi juga membentuk dasar bagi regulasi emosi yang baik. Oleh karena itu, penting bagi pendidik dan orang tua untuk menciptakan pengalaman belajar yang positif agar anak dapat tumbuh dengan optimal secara emosional dan sosial.</p> Nusrotilah Copyright (c) 2025 Al-Marifah | Journal Pendidikan Islam Anak Usia Dini https://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Al-Marifah/article/view/472 Sun, 30 Mar 2025 00:00:00 +0700