STUDI KOMPARASI KITAB ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM KARYA KH. HASYIM ASY'ARI DAN KITAB HILYAH THALIB AL-'ILMI KARYA SYAIKH BAKR BIN ABDULLAH ABU ZAID TENTANG ETIKA PENUNTUT ILMU
DOI:
https://doi.org/10.70143/integratif.v3i1.230Kata Kunci:
Etika, Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim, Kitab Hilyah Thalib Al-‘Ilmi, Penuntut IlmuAbstrak
Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya peran etika sebagai pokok awal pondasi dalam pendidikan, karena pendidikan pada prinsipnya adalah membawa dan membina mental seseorang itu semakin baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep etika atau adab dan akhlak seorang pelajar menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim dan Syeikh Bakr dalam Kitab Hilyah Tholib Al-‘Ilmi serta persamaan dan perbedaan konsep pelajar dari kedua kitab tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif analitik melalui metode Library Research (Kajian Pustaka) yaitu kegiatan penelitian yang bersumber pada buku-buku literatur.
Hasil Penelitian ini adalah :1) Konsep adab dan akhlak penuntut ilmu dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim terdiri dari empat aspek adab dan akhlak yang harus dilaksankan oleh para penuntut ilmu yaitu: a) Adab Bagi Pencari Ilmu (Pelajar), b) Adab Pelajar Terhadap Guru, c) Adab Belajar Bagi Pencari Ilmu, d) Adab Terhadap Buku. 2) Konsep adab dan akhlak penuntut ilmu dalam kitab Hilyah Thalib Al-‘Ilmi terdiri dari empat aspek adab dan akhlak yang harus menghiasi seorang penuntut ilmu yaitu : a) Adab bagi pribadi seorang penuntut ilmu, b) Adab bagi seorang penuntut ilmu kepada gurunya, c) Adab bagi seorang penuntut ilmu kepada sahabatnya dan d) Adab bagi seorang penuntut ilmu dalam suasana mencari ilmu. 3) Persamaan konsep adab dan akhlak penuntut ilmu dalam kedua kitab adalah: a) Konsep adab dan akhlak pelajar yang dijelaskan oleh KH. Hasyim Asy‘ari dan Syekh Bakr kedua-duanya sama-sama menekankan pada aspek pemberdayaan hati, b) Pemikiran kedua tokoh sama-sama mebahas tentang urgensi dan pemahaman tentang etika atau adab dan akhlak sebagai seorang pelajar menjadi bab-bab yang tertulis dan menjadi poin-poin penting. c) Di dalam isi kedua kitab tersebut sama-sama membahas tentang dua bab yang sama yaitu bab akhlak dan adab sebagai seorang pelajar bagi pribadinya dan akhlak pelajar kepada gurunya sedangkan bab lainnya sangat berbeda.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Karna Husni

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.