INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN SAINS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SERTA MEMBANGUN BRAND IMAGE ( Studi Kasus di MA Persis Sindangkasih Ciamis )
DOI:
https://doi.org/10.70143/integratif.v3i1.232Kata Kunci:
Integrasi Pendidikan, Mutu Pendidikan, MA PersisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendokumentasikan implementasi integrasi
pendidikan agama Islam dan sains dalam meningkatkan mutu pendidikan serta membangun brand image di MA
Persis Sindangkasih Ciamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus sebagai
metode penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis
dokumen terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa MA Persis Sindangkasih Ciamis telah berhasil menerapkan
integrasi pendidikan agama Islam dan sains dengan baik. Integrasi ini terlihat dalam perencanaan pembelajaran,
pengembangan kurikulum, dan metode pengajaran yang digunakan. Pendekatan ini menciptakan lingkungan
pendidikan yang holistik dan membantu siswa mengembangkan pemahaman yang komprehensif tentang agama
Islam dan sains. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam mengimplementasikan integrasi
pendidikan agama Islam dan sains, termasuk kurangnya sumber daya, tantangan dalam mengintegrasikan
kurikulum, dan kebutuhan akan pelatihan dan pembinaan bagi para guru. Namun, melalui kolaborasi antara
pihak sekolah, guru, siswa, dan stakeholder terkait, MA Persis Sindangkasih Ciamis berhasil mengatasi
tantangan tersebut. Kesimpulannya, integrasi pendidikan agama Islam dan sains di MA Persis Sindangkasih
Ciamis memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan mutu pendidikan dan membangun brand
image institusi. Studi ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang implementasi praktis integrasi
tersebut dan memberikan kontribusi pada pengembangan pendidikan di Indonesia. Rekomendasi disampaikan
untuk institusi pendidikan lainnya yang ingin menerapkan integrasi serupa, termasuk perlunya
dukungan sumber daya yang memadai dan pelatihan bagi para guru.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rifyal Luthfi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
