PENGELOLAAN KELAS SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM dan BUDI PEKERTI (PAI-BP)
DOI:
https://doi.org/10.70143/integratif.v3i1.234Kata Kunci:
pengelolaan kelas; budi pekerti;SDN Karikil.Abstrak
Strategi pengelolaan kelas adalah pola/siasat, yang menggambarkan langkah-langkah yang digunakan guru dalam menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas agar tetap kondusif, sehingga siswa dapat belajar optimal, aktif, dan menyenangkan dengan efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif pendekatan deskriptif yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisa fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Metode pengumpulkan data yang digunakan observasi, interview, dokumentasi, dan kuesioner. Sedangkan tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang ditunjang dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SDN Karikil Mangkubumi Kota Tasikmalaya Faktor yang mendukung strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SDN Karikil Mangkubumi Kota Tasikmalaya adalah penerapan tata tertib sekolah. Visi, misi sekolah, dan tujuan pembelajaran yang berdasarkan ketaqwaan dan akhlaq. Strategi pembelajaran yang interaktif. Musholla sebagai sarana tempat ibadah dan belajar. Program pembiasaan beribadah. Keinginan siswa untuk memiliki pengetahuan agama Islam. Sedangkan faktor yang menghambat adalah: kurangnya dukungan orang tua terhadap peningkatan kualitas agama anak. Kurangnya ruang dan media pembelajaran dalam mempraktikkan materi PAI. Semangat, ketanggapan belajar, konsentrasi, dan keaktifan siswa dalam pembelajaran PAI kurang maksimal. siswa tidak memiliki buku tunjangan PAI. Kurangnya percaya diri siswa pada waktu pembelajaran PAI.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 dede aji

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
