IMPLIKASI POLA ASUH STRAWBERRY GENERATION TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MENURUT PERSPEKTIF ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.70143/integratif.v4i2.283Kata Kunci:
pola asuh, strawberry generation, karakter, pendidikan karakter dalam islamAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis mengenai permasalahan yang terkait dengan pola asuh orang tua terhadap anak, yang menjadikan mereka menjadi generasi stroberi atau strawberry generation dan implikasinya terhadap karakter anak menurut perspektif Islam. Kemudian memberikan soulusi dengan nilai- nilai pendidikan Islam dan pola pengasuhan atau metode mendidik anak di dalam Islam agar anak memiki karakter atau akhlak yang baik, tangguh dan menjadi generasi penerus yang dapat di andalkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif dan teknik pengumpulan data studi pustaka dan dokumen. Hasil dari penelitian ini mengungkap bahwa fenomena krisis karakter yang ada di era strawberry generation terjadi karena pola pengasuhan yang keliru danpendidikan karakter yang ada dirumah tidak dijalankan dengan baik dan benar. Proses pendidikan karakter di dalam Islam terhadap anak dapat melalui beberapa cara, yaitu melalui keteladanan, pembiasaan, nasihat bijak, perhatian dan pengawasan serta hukuman.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Abdul Haris

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
