Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Melalui Metode Menghafal (Penelitian Di SMPIT Tahfidzul Qur’an Ihya As-Sunnah Tasikmalaya

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.70143/integratif.v4i2.285

Kata Kunci:

membaca Quran;Ihya Asunah;menghapal

Abstrak

Masalah ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa mengalami kesulitan dalam belajar agama
khususnya dalam belajar membaca dan menghafal Al-Qur‟an, namun kesulitan ini belum diketahui
secara pasti factor penyebab atau penghambat yang menjadikan siswa mengalami kesulitan dalam
membaca Al-Qur‟an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan upaya guru dalam
meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur‟an di SMPIT Tahfidzul Qur‟an Ihya
As-sunnah Tasikmalaya. 2) faktor pendukung dan penghambat bagi pelaksanaan membaca dan
menghafal di SMPIT Tahfidzul Qur‟an Ihya As-sunnah Tasikmalaya. 3) Penelitian ini
menggunakan Metode kualitatif, penelitian yang mendasarkan analisisnya bukan berasal dari
perhitungan statistik. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan adalah analisis depenelitiantif. Hasil penelitian menunjukan bahwa,
Proses implementasi Metode pakistani dalam menghafal Al-Qur'an di SMPIT Tahfidzul Qur‟an
Ihya As-sunnah Tasikmalaya dengan menggunakan metode pakistani atau lebih dikenal dengan
metode sabaq, sabqi, dan manzil sudah berjalan dengan baik meskipun masih belum sempuna. hal
ini menunjukkan bahwa melalui metode pakistani ( sabaq, sabqi, manzil ) siswa lebih aktif
semangat dan terfokus dengan apa yang diajarkan oleh guru

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31

Terbitan

Bagian

Artikel