MODEL PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PENGUATAN KARAKTER DITENGAH ARUS KUAT MEDIA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.70143/integratif.v5i1.362Kata Kunci:
Pembelajaran Akidah Akhlak, Penguatan Karakter.Abstrak
Peran pendidik di sekolah menjadi indentitas sekolah dari seorang guru yang baik dan tauladan para siswanya, karena guru mempunyai pengaruh yang kuat terhadap pembentukan pembiasaan siswa ketika berada di kelas, sekolah, lingkungan sekolah, dan masyarakat. Begitu kuat hubungan antara pelaksanaan pembelajaran oleh guru dan capaian karakter siswa. Pembelajaran akidah akhlak yang baik akan berpengaruh positif untuk perubahan sikap perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif diskriptif dengan mengambil lokasi di MTs Terpadu Bojongnangka Kota Tasikmalaya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengetahui model pembelajaran akidah akhlak dalam penguatan akarakter siswa ditengah arus kuat media sosial. Adapun analisis data menggunakan teknik deskriptif melalui tiga alur kegiatan, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa model pembelajaran akidah akhlak dalam penguatan karakter siswa ditengah arus kuat media sosial sebagai berikut: melalui pengajaran yang di lakukan oleh pendidik Aqidah Akhlak menggunakan 3 cara: penjelasan, prilaku dan sikap. Faktor pendukung adalah Fasilitas, Silabus, RPP, Program Pemerintah, Susunan Visi dan Misi serta Guru Agama yang lain. Yang menjadi kendala adalah kurangnya inovasi pembelajaran kreatif. Adapun solusinya adalah pendidik harus menentukan topic dan media ajar yang yang selektif.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Titing Sulastri, Kholis M

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
