PERSPEKTIF IBNU JAMĀ’AH DAN THOMAS LICKONA SERTA IMPLEMENTASINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Fahri Ramadhan Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Abdul Haris Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Ajang Ramdani Insitut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/integratif.v5i1.364

Keywords:

character education, concept of thought, Ibnu Jamā’ah, Thomas Lickona, Islamic Religious Education.

Abstract

Penelitian ini memuat konsep pemikiran tentang pendidikan karakter perspektif Ibnu Jamā’ah dan Thomas Lickona untuk diimplementasikan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai pembelajaran yang memiliki peran besar dalam mendidik karakter siswa yang belakangan ini muncul banyak kasus kejahatan terkait perilaku para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter, perbandingan nilai-nilai karakter dan implementasi nilai-nilai karakter Ibnu Jamā’ah dan Thomas Lickona terhadap Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pendidikan karakter perspektif Ibnu Jamā’ah yaitu nilai ketuhanan, nilai kerja keras dan nilai sosial. Adapun menurut Thomas Lickona yaitu pengetahuan moral, perasaan moral dan perbuatan moral. Perbandingan kedua tokoh ini atas bertumpu pada 4 aspek yang hasilnya bahwa Thomas unggul pada aspek penekanan terhadap pengamalan pendidikan karakter dan penyelesaian permasalahan. Sedangkan Ibnu Jamā’ah unggul pada aspek landasan pendidikan karakter dan hasil sama dari kedua tokoh ini pada aspek penerapan pendidikan karakter. Hasil penelitian ini kemudian diimplementasikan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan berfokus pada dasar kurikulmnya. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan uji tindakan kelas untuk mengukur motivasi belajar siswa dan efektivitas dari hasil pembelajaran pendidikan karakter.

Published

2024-09-30

Issue

Section

Integratif: Jurnal Magister Pendidikan Agama Islam