ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM DUNIA PENDIDIKAN: SEBUAH PENDEKATAN HOLISTIK

Penulis

  • Kholis Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/integratif.v6i1.477

Kata Kunci:

Kecerdasan Buatan, pendidikan, pembelajaran adaptif, kebijakan pendidikan, teknologi dalam pendidikan.

Abstrak

Kecerdasan Buatan (AI) semakin memainkan peran penting dalam pendidikan, memberikan solusi inovatif dalam pembelajaran adaptif, analisis data akademik, dan otomatisasi administrasi. Namun, implementasi AI di dunia pendidikan masih menghadapi tantangan, terutama dalam aspek etika, aksesibilitas teknologi, dan kesiapan tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat, tantangan, dan strategi optimal dalam penerapan AI dalam pendidikan dengan pendekatan kualitatif. Studi literatur sistematis dan wawancara mendalam dengan 10 akademisi dan praktisi pendidikan digunakan untuk mengumpulkan data. Analisis tematik mengungkap bahwa AI dapat meningkatkan pengalaman belajar melalui personalisasi materi dan umpan balik real-time. Namun, ditemukan pula hambatan seperti keterbatasan infrastruktur dan minimnya literasi digital di kalangan pendidik. Selain itu, keterlibatan orang tua dan integrasi AI dalam kurikulum menjadi faktor kunci keberhasilan implementasi. Hasil penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana AI dapat dimanfaatkan secara optimal dalam sistem pendidikan, serta menawarkan rekomendasi untuk meningkatkan kesiapan institusi dalam mengadopsi teknologi ini. 

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-30

Terbitan

Bagian

Artikel