PENGGUNAAN ANALISIS STRATEGIS DALAM PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (LPI) : PENDEKATAN SWOT, BSC, DAN SIX SIGMA

Penulis

  • Abdul Haris Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Marsya Aulia Rahman Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Widya Amelia Putri Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Muhammad Detiar Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/integratif.v6i1.479

Kata Kunci:

Lembaga Pendidikan Islam, SWOT, Balanced Scorecard, Six Sigma, Analisis Strategis.

Abstrak

Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam (LPI) menghadapi tantangan yang semakin kompleks seiring dengan perkembangan teknologi, perubahan sosial, dan tuntutan globalisasi. Untuk menjawab tantangan ini, pendekatan analisis strategis menjadi penting dalam memastikan keberlanjutan dan efisiensi LPI. Artikel ini membahas penggunaan tiga metode analisis strategis, yaitu SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), BSC (Balanced Scorecard), dan Six Sigma, dalam pengelolaan LPI. Pendekatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang komprehensif bagi para pengelola LPI dalam meningkatkan mutu pendidikan dan efektivitas manajemen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi dari ketiga pendekatan ini dapat menghasilkan perencanaan strategis yang lebih efektif dalam mewujudkan visi dan misi LPI.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-30

Terbitan

Bagian

Artikel