PENGGUNAAN ANALISIS STRATEGIS DALAM PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (LPI) : PENDEKATAN SWOT, BSC, DAN SIX SIGMA
DOI:
https://doi.org/10.70143/integratif.v6i1.479Kata Kunci:
Lembaga Pendidikan Islam, SWOT, Balanced Scorecard, Six Sigma, Analisis Strategis.Abstrak
Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam (LPI) menghadapi tantangan yang semakin kompleks seiring dengan perkembangan teknologi, perubahan sosial, dan tuntutan globalisasi. Untuk menjawab tantangan ini, pendekatan analisis strategis menjadi penting dalam memastikan keberlanjutan dan efisiensi LPI. Artikel ini membahas penggunaan tiga metode analisis strategis, yaitu SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), BSC (Balanced Scorecard), dan Six Sigma, dalam pengelolaan LPI. Pendekatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang komprehensif bagi para pengelola LPI dalam meningkatkan mutu pendidikan dan efektivitas manajemen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi dari ketiga pendekatan ini dapat menghasilkan perencanaan strategis yang lebih efektif dalam mewujudkan visi dan misi LPI.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Abdul Haris, Marsya Aulia Rahman, Widya Amelia Putri, Muhammad Detiar

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.