ARTIFICIAL INTELLIGENCE DAN PENDIDIKAN PENDIDIKAN ISLAM: PENDEKATAN ETIS IMPLEMENTATIF

Authors

  • Imas Siti Masuroh Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dede Aji Mardani Institut Agama Islam Tasikmalaya

Keywords:

Artificial Intelligence, Pendidikan Agama Islam, Transformasi Digital, Etika AI, Maqāṣid al-Sharī‘ah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara komprehensif integrasi teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam pendidikan agama Islam pada era transformasi digital. Fenomena meningkatnya digitalisasi pembelajaran serta hadirnya aplikasi AI berbasis big data dan natural language processing telah mengubah wajah pendidikan global, termasuk pendidikan keagamaan. Artikel ini mengkaji fenomena, tantangan, serta potensi implementasi AI dalam pendidikan agama Islam, dengan fokus pada konstruksi epistemologis, pedagogis, dan etis. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-kuantitatif (mixed method) dengan pengumpulan data melalui studi literatur, survei lapangan, dan wawancara mendalam. Temuan menunjukkan bahwa AI berperan dalam meningkatkan efisiensi dan personalisasi pembelajaran agama, namun juga menimbulkan tantangan terkait otoritas keilmuan, bias algoritma, dan resistensi budaya. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan kerangka AI Islami berbasis maqāṣid al-sharī‘ah dan merekomendasikan kolaborasi pentahelix dalam merumuskan kebijakan pendidikan digital yang inklusif dan spiritual

Published

2025-03-30

Issue

Section

Integratif: Jurnal Magister Pendidikan Agama Islam