IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN (PPRA) TERHADAP PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TENTANG NILAI PENDIDIKAN ISLAM

Penulis

  • Abdul Haris Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Kholis Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Siti Nurjanah Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/integratif.v7i2.576

Kata Kunci:

Implementasi PPRA, Pemahaman peserta didik, nilai Pendidikan Islam

Abstrak

Globalisasi telah memberikan dampak yang signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi. Proses ini membawa perubahan yang cepat dan luas, termasuk dalam sistem pendidikan. Sekolah Islam, sebagai lembaga pendidikan yang berorientasi pada nilai-nilai keislaman, menghadapi tantangan dan peluang baru seiring dengan penetrasi pengaruh global. Pendidikan berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (PPRA) menjadi sebuah jawaban yang tepat untuk menguatkan pemahaman terhadap nilai-nilai Pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui

konsep tentang pembelajaran berbasis proyek penguatan profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin, bagaimana implementasinya di madrasah dan apa dampaknyaterhadappemahamanpesertadidiktentangnilai-nilai Pendidikan Islam di kelas VII MTs.Al-Mu’min Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek Penelitian ialah kepala madrasah, waka kurikulumsekaliguskoordinator PPRA, guru (Fasilitator PPRA) dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun tekhnik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Pertama, konsep PPRA yang diintegrasikandengan mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs.Al-Mu’min Tasikmalaya sudah berjalan dengan sangat baik, baik dalam kegiatan ko-kurikuler maupun ekstrakurikuler. Walaupun, PPRA masih diterapkan secara bertahap yaitu baru untuk kelas 7, sedangkan kelas 8 dan 9 masih menerapkan Kurikulum 2013.  Kedua, Implementasi PPRAdilaksanakan dalam bentuk kegiatan ko-kurikuler dan ekstrakurikuler, dengan tema bhakti kreasi, sampah organik dan pentingnya demokrasi. Ketiga, Dampak Dari segi kognitif, peserta didik menunjukkan peningkatan pemahaman konsep-konsep keagamaan yang lebih mendalam dan holistik. Dari segi afektif, PPRA meningkaatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran PAI dan pembelajaranlainnya. Dari segi psikomotorik, PPRA memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan keterampilan praktis yang relevan dengan mata pelajaran PAI.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30

Terbitan

Bagian

Artikel