STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PAI MELALUI RUANG GTK DALAM KURIKULUM MERDEKA

Penulis

  • Iwan Setiawan Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Dedi Ratno Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Asep Ahmad Arsyul Munir Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/integratif.v7i2.579

Kata Kunci:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Ruang GTK, Pendidikan Agama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui penerapan model pembelajaran berdiferensiasi yang selaras dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Model ini memungkinkan guru menyesuaikan konten, proses, dan produk pembelajaran berdasarkan kesiapan, minat, dan gaya belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif studi kasus di SDN 3 Panaragan, menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil menunjukkan bahwa guru berhasil menerapkan pembelajaran berdiferensiasi secara efektif dengan bantuan platform Ruang GTK, yang menyediakan fitur asesmen diagnostik, materi visual, dan evaluasi berjenjang. Pembelajaran menjadi lebih partisipatif, responsif, dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa baik dari segi kognitif maupun spiritual. Tenaga kependidikan juga berperan penting dalam mendukung kelancaran teknis pembelajaran digital. Integrasi teknologi melalui Ruang GTK memperkuat peran guru sebagai fasilitator dan mendukung pembelajaran yang inklusif dan adaptif. Oleh karena itu, model ini direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam implementasi Kurikulum Merdeka

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30

Terbitan

Bagian

Artikel