KONSEP SISTEM PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DALAM MENINGKATAN KETERAMPILAN SPIRITUAL KEAGAMAAN PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.70143/integratif.v1i1.92Kata Kunci:
Pendidikan Kepramukaan, Spritual, Sistem NilaiAbstrak
Berdasarkan temuan dan pembahasan, disimpulkan bahwa: 1) Manajemen Pendidikan Pramuka berfokus pada
proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui KMD, KML, KPD, Pitaran
Pelatih, KPL, Karang Pamitran, Orientasi Mabi, Kursus Andalan, Kursus Saka Pamong , 2) masih ada
kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas baik sebagai pelatih dan pembimbing, Anggaran, implementasi dan kurikulum yang mandek,
fasilitas yang kurang memadai, 3) Upaya mengatasi permasalahan yaitu pengembangan SDM, kurikulum keragaman, kelengkapan
program pendidikan, pemberdayaan kader pelatih muda di setiap kursus atau orientasi, identitas diri pelatih dan
pelatih sebagai panutan yang baik melalui sistem antar, dan pemisahan posisi.4) Konseptual dan programatik
hasil, pengembangan sikap spiritual, sikap sosial, dan keterampilan/kemampuan sebagai manusia dan warga negara
Indonesia dalam konteks nilai dan moralitas Pancasila yang disebut juga dengan keterampilan spiritual yang mengamalkan
prinsip-prinsip agama dan menerapkan prinsip-prinsip dasar Pramuka dan mengamalkan Pancasila, 5) Langkah-langkah untuk masa depan
perbaikan dilakukan dengan meningkatkan citra pelatih dan pelatih melalui kegiatan-kegiatan dengan dasar
prinsip dan metode kepramukaan yang disertai dengan 6 (enam) sistem nilai Sanusi yang terintegrasi
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Rifyal Luthfi MR

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
