Analisis Implementasi Adopsi E-Commerce Berdasarkan Model of Internet Commerce Adoption (MICA) dan Theory of Planned Behavior (TPB)

Penulis

  • Siti Sundari Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/lazhulma.v1i1.35

Kata Kunci:

E-commerce, MICA, TPB

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui bagaimana tingkat adopsi e-commerce berdasarkan Model of
Internet Commerce Adoption (MICA) serta impelementasi adopsi e-commrece berdasarkan Theory Planned
Behavior (TPB). Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif. Berdasarkan hasil kajian, diperoleh
kesimpulan bahwa Tingkat adopsi e-commerce yang dilakukan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
Sukahijab telah memenuhi ketiga tahapan yang ada dan mencapai tahap ketiga meskipun kelengkapan fitur pada
setiap tahap tidak terpenuhi semuanya. Mengacu pada Theory Planned Behavior (TPB) ternyata tidak semuanya
sama seperti yang dikemukakan oleh Azjen. Terdapat satu faktor yang berbeda, yaitu Subjective Norm. Dimana
pada UMKM Sukahijab sendiri subjective norm tidak begitu berpengaruh, dimana lingkungan sekitarnya tidak
begitu berpengaruh untuk memberikan dorongan dalam penerapan e-commerce tersebut. Yang paling berpengaruh
dari ketiga faktor tersebut yaitu Attitude Toward the Behavior, kemudian Perceived Behavioral Control, dan yang
tidak begitu berpengaruh yaitu Subjective Norm.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-16