PENGARUH MEDIA SOSIAL, KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN LIFESTYLE TERHADAP BERPERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM TASIKMALAYA

Penulis

  • Hindun Hiriyanti Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Junjun Arip Nugraha Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/lazhulma.v5i1.357

Kata Kunci:

media sosial, konformitas teman sebaya, lifestyle

Abstrak

Banyak mahasiswa yang mempunyai media sosial dan aktif bermain media sosial. Sebagian mahasiswa dapat menghabiskan waktu selama 3 jam lebih dalam sehari untuk mengakses media sosial. Media sosial yang dimilikinya yaitu Instagram, Tiktok,Whatsapp dan mereka juga aktif mengikuti gaya hidup yang sedang tren di media sosial, dan seringkali menghabiskan sebagian uang sakunya untuk membeli barang- barang dan mengunjungi tempat-tempat yang sedang tren di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap penggunaan media sosial dan lifestyle terhadap perilaku konsumtif mahasiswa institut agama islam tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa institut agama islam tasikmalaya dan sampel yang diambil sebanyak 116 responden dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial, konformitas teman sebaya, dan lifestyle adalah determinan penting yang mempengaruhi perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa. Setiap variabel ini berperan secara signifikan baik secara individu maupun kolektif dalam mendorong perilaku konsumtif. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah pentingnya kesadaran akan pengaruh sosial dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi, yang dapat digunakan oleh pemasar dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif, serta oleh individu untuk memahami dinamika di balik keputusan konsumsi mereka.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles