PENGARUH MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MAN 1 KOTA TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.70143/manajerial.v4i1.353Kata Kunci:
Kualitas Pembelajaran, Manajemen Sarana dan Prasarana.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh manajemen sarana dan prasarana terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di MAN 1 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui penyebaran angket. Informan dalam penelitian ini yaitu guru, kepala madrasah, kepala perpustakaan, dan waka bidang sarana dan prasarana MAN 1 Kota Tasikmalaya. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kuantitatif yang meliputi pengumpulan data, pengujian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data, peneliti menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan aplikasi IBM SPSS Statistics 26.0 MacOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan manajemen sarana dan prasarana dan kualitas pembelajaran di MAN 1 Kota Tasikmalaya berada pada kategori sedang. Pada uji determinasi yang telah dilakukan, diperoleh hasil perhitungan sebesar 29,8%, angka tersebut memiliki makna bahwa variabel manajemen kelas memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar, adapun 70,2% merupakan faktor lain yang memang tidak diteliti. Kemudian pengaruh manajemen sarana dan prasarana terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di MAN 1 Kota Tasikmalaya berdasarkan hasil pengujian statistik (uji-T), Dengan kriteria pengujian jika nilai signifikansi < α (0,05) maka terdapat pengaruh. Hasil Uji – T yang dilakukan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000, dimana dapat diketahui bahwa 0,000 < 0,005 artinya terdapat pengaruh signifikan antara manajemen sarana dan prasarana terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di MAN 1 Kota Tasikmalaya.