https://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Manajerial/issue/feedManajerial | Journal Manajemen pendidikan islam2025-04-15T09:31:06+07:00Suci Nurmatinsucinurmati@iaitasik.ac.idOpen Journal Systems<p>Manajerial adalah Jurnal Manajemen Pendidikan Islam yang diterbitkan oleh Progrma Studi Manajemen Pendidikan Islam IAI Tasikmalaya. Jurnal ini berisikan anatara lain pemikiran dan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh dosen, cendikiawan, mahasiswa. ruang lingkup dari jurnal ini adalah tentang pendidikan secara umum, pengelolaan kelas,pengelolaan madrasah, kepemimpinan satuan pendidikan samapai dengan seluruh manajemn kependidikan Islam secara umumnya. Jurnal ini terbit setahun dua kali yaitu pada bulan September dan Maret</p> <p><strong>ISSN</strong> : <span style="text-decoration: underline;"><a title="2963-444X" href="https://issn.brin.go.id/terbit?search=2963-444X" target="_blank" rel="noopener">2963-444X</a></span></p> <p> </p>https://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Manajerial/article/view/406MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU2024-12-28T13:20:00+07:00Doni Nugrahadoni@iaitasik.ac.idUjang Ade Nursamsudinujangadenursamsudin@gmail.com<div> <p>Kepala madrasah merupakan salah satu komponen pendidikan yang berpengaruh dalam meningkatkan kinerja guru. Oleh karena itu keberhasilan kepala madrasah dalam penerapan manajemen sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah terutama dalam Poses Pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini berusaha mengungkap bagaimana manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode kualitatif Peneliti disini menggunakan pendekatan penelitian lapangan <em>(field research)</em>. Penelitian dengan tujuan mendeksripsikan suatu populasi, situasi, fenomena, secara akurat dan sistematis. Sedangkan analisis datanya menggunakan melalui Observasi, Wawancara, Dokumentasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kepala Madrasah bertanggung jawab atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan madrasah, termasuk administrasi. 2) Kinerja guru di MA Almunir sangat penting dan melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Guru mampu menyusun RPP dengan baik, memilih metode yang tepat, dan melakukan evaluasI. 3) Manajemen kepala madrasah di MA Al Munir Desa Burujuljaya terlihat dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kinerja guru. Visi dan misi Madrasah diputuskan bersama. Pengorganisasian dimulai dari rekrutmen hingga penempatan tugas sesuai kebutuhan. Kepala madrasah memberikan pengawasan terhadap kinerja guru, dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan di MA Al Munir Desa Burujuljaya. 4) Faktor penunjang pelaksanaan manajemen kepala madradah dalam meningkatkan kinerja guru meliputi sarana prasarana yang sesuai mutu pendidikan. 5) Kepala Madrasah di MA Al Munir Desa Burujuljaya memiliki tugas dan strategi untuk meningkatkan kinerja guru dengan manajemen yang positif, berdampak pada prestasi peserta didik dan keberhasilan sekolah.</p> </div>2025-04-15T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Manajerial | Journal Manajemen pendidikan islamhttps://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Manajerial/article/view/441STRATEGI PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KEPEMIMPINAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH YANG EFEKTIF2025-03-24T14:08:27+07:00Ade Ikbal Paujiadeikbalpauji@gmail.com<p style="font-weight: 400;">Kepemimpinan menjadi faktor kunci dalam menentukan efisiensi, efektivitas dan peningkatan kinerja organisasi sekolah, dengan ditopang kemampuan komunikasi interpersonal kepala madrasah agar tercipta keselarasan, kesepahaman, dan kesesuaian tujuan antara pemimpin dan anggotanya, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja sumber daya manusia pendidkan yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dan menganalisis secara mendalam terkait strategi peningkatan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Swasta Ci doyang Kabupaten Ciamis melalui pola komunikasi interpersonal dan kepemimpinan manajerial kepala madrasah yang efektif. Pengumpulan data melalui metode wawancara mendalam, observasi mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menginterpretasikan bahwa dalam konteks manajerial kepala madrasah di MTsS Ci doyang sebagai upaya peningkatam kinerja guru, di mulai dari proses perencanaan, perumusan visi, misi, dan tujuan madrasah, menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam peningkatan kinerja guru, menumbuhkan sifat harmonis dan kebersamaan serta kerjasama yang suportif, pelibatan guru dalam pengembangan kurikulum menuju keprofesionalan guru, meningkatkan profesi melalui workshop, memberikan motivasi belajar untuk melanjutkan studi, memperhatikan kesejahteraan guru serta membangun iklim kerja yang baik. Komunikasi interpersonal yang terjalin di madrasah turut menjadi faktor yang menjadikan guru dapat merasa dihargai dan pada akhirnya dapat menjadi motivasi dalam meningkatkan kinerja. Adapun hasil dari peningkatan kinerja tersebut, dijadikan sebagai pedoman dalam evaluasi kinerja, dengan pemberian penghargaan dan tugas tambahan sebagai wakil kepala madrasah bagi guru yang memiliki kinerja yang baik.</p>2025-04-15T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Manajerial | Journal Manajemen pendidikan islamhttps://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Manajerial/article/view/461IMPLEMENTASI KECERDASAN EMOSIONAL DALAM KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN2025-03-24T15:26:22+07:00Amarullah Malikamarullah@iaitasik.ac.id<p>Kepemimpinan pendidikan yang memiliki kriteria quatition emosional adalah kepemimpinan dengan kemampuan untuk mempengaruhi komunitas pendidikan melalui kesadaran diri dan manajemen diri. Kemampuan ini membantu para pemimpin sekolah untuk memahami masyarakat. Dengan kata lain, pemimpin memiliki kesadaran sosial dan manajemen keterampilan. Ini adalah keterampilan untuk berinteraksi dengan komunitas shcool yang mereka inginkan. Selain itu, para pemimpin sekolah dituntut untuk jujur pada diri mereka sendiri dan seluruh komunitas pendidikan untuk membangun kekuatan diri, hati nurani, kehormatan, dan tanggung jawab mereka kepada seluruh komunitas sekolah. Untuk menyimpulkan bahwa kerja sama antara para pemimpin dan masyarakat (komunitas sosial) tujuan pendidikan akan tercapai</p>2025-04-15T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Manajerial | Journal Manajemen pendidikan islamhttps://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Manajerial/article/view/462EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH (PKKM) MENGGUNAKAN MODEL EVALUASI CIPP2025-03-25T12:20:19+07:00Laili Rahmatul Fajrilaili@iaitasik.ac.id<p>Madrasah harus dikelola dengan sistem manajemen profesional dan mampu memahami serta memenuhi tuntutan masyarakat. Di sinilah peran seorang kepemimpinan dibutuhkan. Kepala madrasah memiliki peran sentral dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di madrasah. Kepala madrasah tidak hanya bertindak sebagai pemimpin administratif, tetapi juga sebagai manajer, inovator, dan motivator yang bertanggung jawab dalam mengelola sumber daya, meningkatkan kualitas pembelajaran, serta memastikan tercapainya visi dan misi lembaga. Kinerja kepala madrasah yang efektif dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, meningkatkan kualitas pendidikan, dan mempersiapkan peserta didik yang kompeten.Salah satu program peningkatan kinerja kepala madrasah adalah Program Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) yang menjadi dasar pelaksanaanya adalah Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) No. 1111 tahun 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas pelaksanaan program Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) menggunakan model evaluasi CIPP (<em>Context, Input, Process</em>, dan <em>Product</em>). Model CIPP tidak hanya fokus pada hasil, tetapi juga konteks, masukan, proses, dan hasil. Oleh karena itu, model CIPP dikatakan lebih komprehensif dibandingkan dengan model evaluasi lainnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode evaluasi CIPP dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Sampel penelitian adalah madrasah, khususnya Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kota Tasikmalaya yang sudah melaksanakan program PKKM beberapa kali yang meliputi kepala madrasah, pengawas, guru, dan tenaga kependidikan. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif serta menggunakan model evaluasi CIPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Penilaian Kinerja Kepala Madrasah dengan model CIPP dinilai efektif dalam meningkatkan kinerja kepala madrasah dan kualitas madrasah</p>2025-04-15T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Manajerial | Journal Manajemen pendidikan islamhttps://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Manajerial/article/view/463IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN ADMINISTRASI2025-03-25T12:31:48+07:00Anggita Wahyu Soniaanggiwah271@gmail.com<p>Sistem informasi manajemen merupakan suatu sistem informasi yang ada dalam organisasi dengan melakukan fungsi-fungsi untuk menyediakan semua informasi yang mempengaruhi semua operasi dalam sebuah lembaga pendidikan. Jenis metode yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research), yakni penelitian yang kajiannya menggunakan data pustaka berupa buku-buku sebagai sumber datanya.Untuk mendapatkan kualitas pelayanan yang optimal di sekolah, banyak ditentukan bagaimana kemampuan mengkolaborasi unsur-unsur yang dimiliki oleh sekolah yang saling berkaitan dalam menunjukkan bahwa ada suatu layanan terpadu dan utuh di dalam sekolah. System yang digunakan di sekolah berbeda-beda sesuai dengan kebijakan di sekolah atau lembaga tersebut. Banyak system informasi yang digunakan salah satunya dapodik. Pentingnya system informasi dapat mempermudah pelayanan sekolah terutama bidang administrasi, juga dapat meningkatkan kualitas sekolah atau lembaga tersebut. System informasi yang dapat digunakan bermacam macam sesuai dengan kebutuhan sekolah atau lembaga masing –masing</p>2025-04-15T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Manajerial | Journal Manajemen pendidikan islam