https://journal.iaitasik.ac.id/index.php/al-abhats/issue/feedAL-ABHATS | Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat2024-06-20T00:00:00+07:00DEDE AJI MARDANIdedeaji.m@gmail.comOpen Journal Systems<p>AL-ABHATS adalah Jurnala pengabdian kepada masyarakat yang diterbitkan oleh LPPM Institut Agama Islam Tasikmalaya. Jurnal ini diterbitkan satu kali dalam setahun yaitu pada bulan November dan menerima artikel yang berasal dari penelitian dan pengabdian yang dapat memberikan manfaat dan kegunanaa baik dalam terapan atau teori kepada masyarakat.</p>https://journal.iaitasik.ac.id/index.php/al-abhats/article/view/1Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Google Classroom2020-11-06T14:52:29+07:00Heni NuraeniHeninuraeni337@gmail.comWildan Mahmudinwildan_m@gmail.com<p><em>Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran selalu digunakan. Di era industri 4.0, guru dituntut memiliki kemampuan yang memadai untuk mengikuti perkembangan teknoloi. Pembelajaran yang berfokus pada proses tatap muka harus diintegrasikan dengan pembelajaran campuran. Kondisi ini menjadikan Google sebagai salah satu web tools terbesar yang memperkenalkan Google Classroom (GC) pada tahun 2014. Adanya GC diharapkan dapat menjadi solusi atas permasalahan seperti kurangnya jam pelajaran di sekolah. Namun sayangnya masih banyak guru yang masih belum mengetahui tentang kegunaan GC. Sehingga pelatihan ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang holistik mengenai penggunaan GC. Metode pelatihan dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu: a) tahap analisis, b) tahap persiapan materi, c) tahap pelaksanaan, dan d) tahap penyusunan laporan kegiatan. Hasil dari pelatihan ini adalah tidak semua guru peserta tidak mengenal GC, sehingga guru sangat antusias dan tertarik untuk menggunakan GC. Guru mengetahui platform yang dapat mereka gunakan dalam pembelajaran terintegrasi dengan pembelajaran campuran. Pengajar dapat merasa lebih mudah untuk mengelola tugas kelas dengan cepat dan memberikan masukan kepada siswa secara efektif. Namun fasilitas seperti ketersediaan koneksi yang baik juga harus didukung demi kelancaran penggunaan GC dalam pembelajaran.</em></p>2024-06-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2020 AL-ABHATS | Islamic and Humanities Researchhttps://journal.iaitasik.ac.id/index.php/al-abhats/article/view/6PELATIHAN PEMBELAJARAN DARING LEWAT GOOGLE CLASS ROOM2020-11-06T15:45:33+07:00Intan Nurul FadhilahIntannurulfadhilah123@gmail.comNina Yuningsihnina@gmail.com<p><strong><em>Abstrak: </em></strong><em>Perkembangan teknologi telah membawa perubahan paradigma pembelajaran yang berbasis kelas menjadi online, guru juga dituntut untuk merespon situasi seperti sekarang ini sebagai peningkatan kompetensi mereka.Upaya yang dilakukan agar bisa membantu guru dalam meningkatkan kompetensi mereka dalam pembelajaran online bisa dilakukan melaui pelatihan dan pendampingan. Tujuan kegiatan tersebut untuk membantu mempermudah para guru dalam mengelola pembelajaran online lewat Google Classroom agar belajar tetap terawat dan kondusif walaupun dalam situasi pandemic seperti ini. Artikel ini bertujuan untuk memaparkan hasil dari pelatihan penggunaan Google Classroom kepada guru SD/MI.</em></p>2024-06-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2020 AL-ABHATS | Islamic and Humanities Researchhttps://journal.iaitasik.ac.id/index.php/al-abhats/article/view/5Google Form Sebagai Alternatif Dalam Pembuatan Latihan Soal Evaluasi di Madrasah2020-11-06T15:44:04+07:00Rika NuraeniRikanuraeni384@gmail.comTaufiq Rohmantaufiqrohman1983@gmail.com<p><strong><em>Abstract: </em></strong><em>Evaluasi masih sering menjadi bagian dalam kegiatan pembelajaran yang melelahkan. Mulai dari pembuatan sampai pengoreksian. Tujuan yang ingin dicapai dalam pengabdian ini:</em></p> <p><em>1) guru mengenal sistem evaluasi berbasis daring melaui Google Form; 2) guru mampu menyusun soal berbasis daring dengan model assessment dalam genggaman secara mandiri; Metode yang diterapkan dalam pelatihan ini yaitu metode Participatory Rural Apraisal (PRA). Metode tersebut dibagi menjadi tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan Refleksi. Hasil yang diperoleh adalah, Google Form dinilai guru mampu dijadikan sebagai alternatif pembuatan evaluasi. Hal ini dibuktikan dengan hasil bahwa 100% guru sebagai peserta memiliki ketertarikan untuk pembuatan evaluasi melalui Google Form. Alasan ketertarikan tersebut memiliki 4 acuan yaitu, kemudahan sebesar 33%, kecepatan 44%, kepraktisan 66%, dan keefisienan 66%.</em></p>2024-06-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2020 AL-ABHATS | Islamic and Humanities Researchhttps://journal.iaitasik.ac.id/index.php/al-abhats/article/view/332Analisis Profile Para Pelaku UMKM Melalui Seminar Pelatihan Digital Marketing Dan Program Perizinan Berusaha Berdasarkan Tingnkat Resiko2024-06-13T16:03:12+07:00Ira Anggraeniiraanggraeni1@iaitasik.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profile para pelaku UMKM yang ada di Desa Cogreg sehingga dapat dijadikan rujukan untuk penelitian<br>selanjutnya. Pemanfaatan teknologi sebagai media<br>marketing dan perizinan usaha belum sepenuhnya<br>dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM, khususnya di<br>Desa Cogreg Kecamatan Cikatomas. Hal ini, diasumsikan<br>bahwa kualifikasi pendidikan dan tingkat usia para<br>pelaku UMKM serta keterbatasan pelatihan yang dikuti<br>mempengaruhi secara segnifikan. Adapun didapatkan<br>hasil rata-rata para pelaku UMKM belum memiliki izin<br>usaha terintegrasi elektronik sebesar 86%, sedangkan<br>14% sudah memiliki izin. Kemudian UMKM yang belum<br>mengetahui tingkat resiko berusaha yaitu sebesar 66%,<br>sedangkan 34% sudah memahami dan mengetahui<br>tingkat resiko berusaha. Selain itu juga, dalam<br>penggunaan digital marketing yaitu 46% para pelaku<br>UMKM sudah menggunakan digital marketing dan para<br>pelaku UMKM yang tidak menggunakan digital<br>marketing sebanyak 54%. Berbagai gambaran hasil<br>analisis tersebut, peneliti memandang perlu untuk<br>melakukan uji terhadap hipotesa-hipotesa yang sudah<br>peneliti asumsikan. Untuk itu perlu pengujian hipotesis<br>pada penelitian selanjutnya.</p>2024-06-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 AL-ABHATS | Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakathttps://journal.iaitasik.ac.id/index.php/al-abhats/article/view/7PELATIHAN PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN WhatsApp2020-11-06T15:49:19+07:00Neneng Fuzi AgungFuzi.agung113@gmail.comTaufiq Rohmantaufiqrohman1983@gmail.com<p><strong><em>Abstract: </em></strong><em>Pelatihan pemanfaatan pembelajaran daring menggunakan aplikasi WhatsApp bertujuan untuk mempermudah proses belajar mengajar bagi guru dan siswa saat kondisi tatap muka tidak memungkinkan. Penggunaan aplikasi whatsApp salahsatunya yaitu kita bisa memberikan tugas kepada siswa dan bisa berkomunikasi dengan siswa lebih mudah. Aplikasi WhatsApp merupakan apikasi yang mudah digunakan karena aplikasi WhasApp saat ini lebih banyak digunakan semua masyarakat. Namun meskipun mudah untuk digunakan penggunaannya sebagai penunjang pembelajaran daring belum digunakan secara maksimal. Dengan demikian dilakukan pelatihan penggunaan WhatsApp sebagai penunjang dalam </em><em>pembelajaran daring.</em></p>2024-06-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2020 AL-ABHATS | Islamic and Humanities Research