PENERAPAN MEDIA TEKA-TEKI BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK KELOMPOK B USIA 5 – 6 TAHUN DI SPS TAAM ANNUUR
DOI:
https://doi.org/10.70143/almarifah.v3i1.240Keywords:
Anak, Kemampuan Keaksaraan, Media Teka Teki BergambarAbstract
Rendahnya kemampuan dalam aspek keaksaraan disebabkan oleh kurangnya kreativitas pendidik
dalam pembelajaran mengenalkan huruf dan membaca kepada anak. Selain itu, kurang
optimalnya pendidik SPS TAAM Annuur dalam pembelajaran mengenalkan huruf kepada anak
yang selalu terpusat kepada pendidik, sehingga proses pembelajaran yang monoton dan
membosankan bagi anak. Berdasarkan hasil observasi pada pra tindakan rata-rata nilai mencapai
32%. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentitfikasi media teka teki bergambar dalam
meningkatkan kemampuan keaksaraan anak kelompok B usia 5-6 tahun di SPS TAAM Annuur.
Oleh sebab itu peneliti menggunakan media teka-teki bergambar untuk meningkatkan
konsentrasi dalam memecahkan masalah, mengembangkan kemandirian pada anak serta
menstimulasi minat belajar anak dalam mengenal keaksaraan pada anak kelompok B di SPS
TAAM Annuur. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model
PTK Kurt Lewin. Subjek dalam penilitian ini adalah 10 anak kelompok B di SPS TAAM Annuur.
Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, penilaian RPPH nilai persentase 63%. Dan
penilaian pelaksanaan pembelajaran nilai persentase 70%. Pada siklus II dengan nilai persentase
80% dan penilaian pelaksanaan pembelajaran nilai persentase 72%. Pada siklus III, penilaian
RPPH nilai persentase 89% dan penilaian pelaksanaan pembelajaran nilai persentase 88%.
Peningkatan kemampuan keaksaraan anak dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase
yaitu dinyatakan berhasil jika mencapai nilai 80% dari jumlah anak yang memenuhi kriteria
berkembang sangat baik. Kemudian melalui penerapan media teka teki bergambar pada siklus 1
terjadi peningkatan nilai rata-rata menjadi 53%. Pada silkus II terjadi peningkatan yang lebih
signifikan dengan nilai rata-rata sebesar 67%. Pada siklus III kemampuan keaksaraan anak
meningkat secara drastis dan mencapai indikator keberhasilan rata-rata nilai sebesar 83%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan media teka
teki bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan anak di kelompok B SPS
TAAM Annuur.