EFEKTIVITAS KEBAHAGIAAN BAGI ANAK USIA DINI DALAM KEHIDUPANNYA
DOI:
https://doi.org/10.70143/almarifah.v6i1.472Kata Kunci:
: Kebahagiaan, Anak Usia Dini, Sosial Emosional, Perkembangan Anak, Pendidikan PAUDAbstrak
Kebahagiaan memiliki peran penting dalam perkembangan sosial emosional anak usia dini. Artikel ini membahas efektivitas kebahagiaan terhadap perkembangan sosial emosional anak dalam konteks pendidikan anak usia dini (PAUD). Kebahagiaan tidak hanya berkontribusi pada kesejahteraan psikologis, tetapi juga meningkatkan keterampilan sosial, kemandirian, dan kemampuan anak dalam mengelola emosi. Dengan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas kebahagiaan terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Dengan menggunakan metode kualitatif melalui studi literatur, penelitian ini mengkaji berbagai sumber yang membahas hubungan antara kebahagiaan dan perkembangan sosial emosional pada anak usia dini. Hasil analisis menunjukkan bahwa kebahagiaan memiliki peran signifikan dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak. Dan menunjukkan bahwa kebahagiaan tidak hanya meningkatkan interaksi sosial, tetapi juga membentuk dasar bagi regulasi emosi yang baik. Oleh karena itu, penting bagi pendidik dan orang tua untuk menciptakan pengalaman belajar yang positif agar anak dapat tumbuh dengan optimal secara emosional dan sosial.