INTERNALISASI NILAI KEMANDIRIAN MELALUI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN

Penulis

  • Ajang Ramdani Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/almarifah.v4i2.327

Kata Kunci:

Internalisasi Nilai, Kemanadirian, Pendidikan Kewirausahaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana pendidikan kewirausahaan dapat memfasilitasi internalisasi nilai kemandirian di kalangan mahasiswa. Pendekatan pembelajaran yang aktif dan berbasis pengalaman, seperti simulasi bisnis dan proyek kewirausahaan, serta peran dosen dan mentor berpengalaman dalam mendukung proses ini, menjadi fokus utama. Melalui praktik bisnis simulasi, dan proyek kewirausahaan, mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan mandiri yang diperlukan dalam merencanakan, mengelola, dan menjalankan bisnis. Kurikulum yang relevan dan terkini juga menjadi aspek penting dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi dinamika bisnis yang kompleks. Penelitian ini menggunakan metode metode Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analyses (PRISMA). Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan pendidikan kewirausahaan yang lebih efektif dalam memfasilitasi internalisasi nilai kemandirian di kalangan mahasiswa.

Diterbitkan

2024-04-01

Terbitan

Bagian

Articles