Analisis Kemampuan PCK Calon Guru Melalui Pembuatan PaP-eRs
DOI:
https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v2i1.187Kata Kunci:
Kemampuan PCK, PaP-eRs.Abstrak
Sebuah studi yang melibatkan mahasiswa tingkat akhir yang sedang melaksanakan PPL. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) calon guru dalam merefleksi pembelajaran setelah melaksanakan praktek pembelajaran. Studi difokuskan dalam pembuatan Pedagogical and Professional Repertoires (PaP-eRs). PaP-eRs merupakan narasi kegiatan pembelajaran yang dibuat oleh calon guru. Pembuatan narasi tersebut bertujuan agar calon guru dapat merefleksi pembelajarannya. Subjek penelitian adalah enam orang calon guru yang sedang melaksanakan PPL di sekolah yang telah ditentukan oleh program studi. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah PaP-eRs. PaP-eRs yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan format analisis PaP-eRs. Hasil analisis PaP-eRs menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dinarasikan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Namun, setiap kegiatan hanya dinarasikan secara garis besarnya saja sehingga narasi tersebut tidak dapat dijadikan sebagai refleksi pembelajaran. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan PCK calon guru dalam merefleksi pembelajaran melalui pembuatan narasi pembelajaran (PaP-eRs) masih rendah