Pojok Baca: Upaya Dalam Menumbuhkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Suci Zakiyah Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v2i1.188

Kata Kunci:

Pojok Baca, Literasi Membaca

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peranan media baca dalam upaya menumbuhkan literasi membaca siswa di sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Informan dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, wali kelas serta siswa siswi SDN 2 Cintamanik, instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pojok baca memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya menumbuhkan literasi membaca siswa di sekolah dasar, hal ini terbukti dari kurang lebih 85% siswa senang mengunjungi pojok baca hal tersebut menunjukan bahawa adanya peran media pojok baca yang dapat menumbuhkan literasi membaca siswa di Sekolah Dasar. Peran pojok baca dalam menumbuhkan litersi membaca siswa yaitu, sebagai fasilitator tempat membaca, sebagai bahan bacaan terdekat, tempat membaca yang nyaman dan tempat membaca yang menarik perhatian, sehingga dari beberapa peran tersebut membantu menumbuhkan literasi membaca siswa di Sekolah Dasar

Diterbitkan

2023-03-31

Terbitan

Bagian

Articles