Pojok Baca: Upaya Dalam Menumbuhkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v2i1.188Kata Kunci:
Pojok Baca, Literasi MembacaAbstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peranan media baca dalam upaya menumbuhkan literasi membaca siswa di sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Informan dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, wali kelas serta siswa siswi SDN 2 Cintamanik, instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pojok baca memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya menumbuhkan literasi membaca siswa di sekolah dasar, hal ini terbukti dari kurang lebih 85% siswa senang mengunjungi pojok baca hal tersebut menunjukan bahawa adanya peran media pojok baca yang dapat menumbuhkan literasi membaca siswa di Sekolah Dasar. Peran pojok baca dalam menumbuhkan litersi membaca siswa yaitu, sebagai fasilitator tempat membaca, sebagai bahan bacaan terdekat, tempat membaca yang nyaman dan tempat membaca yang menarik perhatian, sehingga dari beberapa peran tersebut membantu menumbuhkan literasi membaca siswa di Sekolah Dasar