Pendidikan akidah akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus Pada Peserta Didik Kelas Tinggi MI Nagrog Desa Padasuka Kecamatan Sukarame Kabupaten Tasikmalaya)

Penulis

  • Wildan Mahmudin Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v3i1.212

Kata Kunci:

Pendidikan, Akidah Akhlak, Karakter

Abstrak

Permasalahan ini diangkat berdasarkan nilai-nilai karakter bangsa yang menjadi pilar pendidikan dan tuntutan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003 pasal 3 bahwa untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia Indonesia seutuhnya yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki pengetahuan dan keterampilan, berbudi pekerti yang luhur, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap, cerdas, kreatif, mandiri dan memiliki rasa tanggung jawab. Salah satu yang berperan dalam pendidikan karakter adalah guru akidah akhlak, sebab hal ini berkaitan dengan aspek moral siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakter peserta didik melalui pendidikan akidah akhlak dan pengimplementasian pendidikan akidah akhlak di MI Nagrog. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu   metode kualitatif. Subjek penelitian ini di antaranya yaitu kepala sekolah, guru dan peserta didik kelas tinggi yaitu kelas 4, 5 dan 6. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa karakter peserta didik di MI Nagrog sudah cukup baik karena peserta didik sudah melaksanakan sholat dzuhur berjamaah, shalat dzuha, tadarus, membuang sampah pada tempatnya, memberikan pujian kepada teman yang sudah mengikuti perlombaan, melaksanakan tugas piket sehari-hari, membiasakan hadir tepat waktu, dan membiasakan berbicara dengan bahasa yang sopan, sebagai bentuk karakter yang religius, tanggung jawab, disiplin, mandiri, jujur, menghargai prestasi, peduli lingkungan, dan sopan santun

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-27

Terbitan

Bagian

Articles