PENERAPAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Taufik Rohman Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v3i1.213

Kata Kunci:

Missouri Mathematic Project, Pemecahan, Hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, peneliti menerapkan Missouri Mathematics Project (MMP) dilaksanakan dengan lima langkah, yaitu Review (Apersepsi), Development (Pengembangan), Cooperative working (kerja kelompok), Seatwork (Kerja mandiri), Assigment (Penugasan). Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menjelaskan pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model Missouri Mathematics Project (MMP). (2) menjelaskan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menerapkan model Missouri Mathematics Project. Model yang digunakan adalah kuantitatif menggunakan metode eksperimen semu dan sampel yang terdiri dari dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan instrumen penelitian test (pretest dan post-test) dan observasi proses pembelajaran, penelitian ini dilakukan di SDN Rawa Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya. Berdasarkan hasil observasi menunjukan bahwa proses pembelajaran matematika dengan menerapkan model Missouri Mathematics Project (MMP) mengalami perubahan. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang berbeda secara signifikan setelah dianalisis menggunakan SPSS 29  dengan Mann-Whitney U-Test, hasil pengujian menunjukan Sig = 0,000 < = 0,05 maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pernbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol denan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-27

Terbitan

Bagian

Articles