IMPLEMENTASI ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MI MIFTAHUL HUDA BABAKAN TENGAH

Penulis

  • Suci Nurmatin Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v3i1.214

Kata Kunci:

implementasi, ice breaking, motivasi

Abstrak

Salah satu kreativitas dalam menerapkan strategi pembelajaran ialah menerapkan ice breaking, implementasi ice breaking bisa diartikan sebagai penerapan kegiatan yang dilakukan untuk mencairkan suasana pembelajaran yang ditujukan untuk menghilangkan rasa jenuh di dalam kelas, oleh karena itu guru harus mampu meningkatkan motivasi belajar agar pembelajaran dapat efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara implementasi ice breaking dalam meningkatkan motivasi belaja siswa kelas V MI Miftahul Huda Babakan Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripsi, sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu implementasi ice breaking di kelas V dipadukan dengan materi yang sedang disampaikan seperti membuat lirik lagu, kuis. Jenis implementasi ice breaking di kelas V berbeda dengan penerapan dikelas rendah diantaranya kuis, lagu, games, untuk jenis ice breaking tepuk-tepukan sesekali digunakan. Dengan implementasi ice breaking siswa termotivasi dalam belajar hal itu bisa dilihat dari semangat belajar siswa yang meningkat, tumbuhnya interaksi dalam pembelajaran, pembelajaran tidak terasa bosan. Guru sering memberikan reward dalam betuk hadiah maupun pujian, guru kelas V juga membuat karya berupa pohon gelis yang ditempel di kelas berisi nama-nama siswa yang mendapatkan reward dari hasil belajar siswa.

Diterbitkan

2023-10-27

Terbitan

Bagian

Articles