Analisis Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Siswa

Penulis

  • Nina Yuningsih Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v3i1.216

Kata Kunci:

Broken Home, Perkembangan Sosial, Perkembangan Emosional

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui dan menganalisis perkembangan sosial
siswa broken home akibat perceraian di SDN 4 Sindangpalay ketika berada di lingkungan
sekolah. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis perkembangan emosional dari siswa broken
home akibat perceraian di SDN 4 Sindangpalay selama berada di lingkungan sekolah. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus.
Melalui rangkaian proses penelitian hingga akhirnya dapat dituangkan menjadi hasil penelitian
dan dijabarkan dalam pembahasan, dapat disimpulkan bahwa perkembangan sosial dan
emosional siswa broken home akibat perceraian di SDN 4 Sindangpalay adalah sebagai berikut.
Perkembangan sosial siswa broken home akibat perceraian di SDN 4 Sindangpalay dapat
dikategorikan baik karena walaupun keluarganya sudah tidak lagi bersama, namun orang tua
siswa broken home mampu memberikan bimbingan dalam interaksi di lingkungan keluarga
sehingga interaksi siswa di lingkungan sekolah pun baik. Perkembangan emosional siswa
broken home akibat perceraian di SDN 4 Sindangpalay dapat dikategorikan baik karena
walaupun keluarganya sudah tidak lagi bersama, namun orang tua siswa broken home mampu
mengelola emosi pada pola asuh di lingkungan keluarga sehingga pengelolaan emosi siswa di
lingkungan sekolah pun baik.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-27

Terbitan

Bagian

Articles