Analisis Mahasiswa PGMI Dalam Mengembangkan Bahan Ajar Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan Sekitar
DOI:
https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v4i2.297Kata Kunci:
bahan ajar, pembelajaran ipa, lingkungan sekitarAbstrak
Pentingnya pengembangan bahan ajar oleh guru didasari banyaknya pokok bahasan yang memerlukan pemahaman yang seringkali tidak ditemukan di dalam buku teks, diantaranya pada mata pelajaran IPA. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menekankan pemahaman konsep yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan lebih berbasis lingkungan sekitar baik di rumah maupun di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan bahan ajar ipa berbasis lingkungan sekitar, mendeskripsikan langkah pengembangannya, kemudian mengembangkan bahan ajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptifbertujuan untuk mendeskripsikan analisis mahasiswa Program Studi PGMI IAI Tasikmalaya dalam mengembangkan bahan ajar IPA berbasis lingkungan sekitar yang menarik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran di SD/MI. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi PGMI IAI Tasikmalaya semester 6 yang berjumlah 20 mahasiswa. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti. Hasil penelitian diperoleh bahwa 35% mahasiswa termasuk kategori kurang, 45% mahasiswa termasuk kategori baik, dan 20% mahasiswa termasuk kategori sangat baik.