ANALISIS MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)

Penulis

  • Nina Yuningsih Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v4i2.298

Kata Kunci:

Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition), Kemampuan Membaca.

Abstrak

Peningkatan efektivitas dalam pengajaran membaca sangat diperlukan  bahkan hal yang sangat penting dalam proses belajar dan pembelajaran karena membaca adalah jantungnya Pendidikan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan efektivitas membaca adalah Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC). Metode CIRC merupakan salah satu metode kooperatif yang fokus pada menekankan pengembangan kemampuan membaca dan menulis siswa. Dalam pelaksanaan nya metode CIRC membantu siswa dalam memahami sebuah bacaan dengan cara berkelompok. Setiap anggota kelompok saling bertukar pikiran dengan teman lain, sehingga siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran. Tahap-tahap dalam pelaksanaan metode CIRC diawali dengan mengidentifikasi topik dan mengorganisasikan dalam kelompok kerja (kelompok pembahasan topik yang dipilih), kemudian merencanakan tugas kegiatan kelompok, melaksanakan pembelajaran (mengumpulkan informasi dan menganalisis data untuk mencapai kesimpulan), mempersiapkan laporan akhir (menentukan pesan yang terkandung dalam kegiatan pembelajaran), evaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode Penggunaan Metode CIRC untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyah? dan  apakah penerapan metode CIRC mampu Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyah? Untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut, peneliti mengadakan analisis dengan menggunakan desain Penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian yang telah peneliti analisis, secara menyeluruh dapat diketahui bahwa penerapan metode CIRC Ini sangat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca. Hal ini dapat diketahui dari hasil akhir evaluasi yang menunjuk kan peningkatan pada kompetensi membaca siswa serta hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-01

Terbitan

Bagian

Articles