IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING MELALUI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS 5 MI PADAMULYA DI DESA PADMULYA KECAMATAN CIHAURBEUTI KABUPATEN CIAMIS

Penulis

  • Wildan Mahmudin Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • M. Hasbi Assidiqi Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v5i1.344

Abstrak

Pembelajaran Akidah Akhlak merupakan mata pelajaran yang memiliki peran penting dalam pengembangan nilai-nilai moral, etika, dan spiritualitas siswa. Namun, tantangan guru saat ini perlu membantu siswa memahami dan menerapkan nilai-nilai moral,etika dan spiritual dalam kehidupan sehari-hari. Masalah ini termasuk kurangnya keterlibatan siswa, kesulitan guru dalam memotivasi siswa, serta keterbatasan dalam mengembangkan pemahaman yang mendalam dan aplikasi nilai-nilai yang dipelajari. Dampak negative dari kurangnya pembelajaran Akhlak ini adalah Bullying. Penggunaan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan akan sangat berpengaruh pada suasana belajar di kelas. Untuk menanggulangi hal tersebut perlunya strategi guru dalam proses pembelajarannya yaitu dengan menerapkan suatu metode atau model pembelajaran yang tepat demi kelangsungan proses pembelajaran yang baik. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perilaku Bullying siswa kelas V sebelum menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak. (2) Implementasi model pembelajaran discovery learning dalam mata pelajaran Akidah akhlak dalam upaya pencegahan Bullying di kelas V MI Padamulya Desa Padamulya Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Tasikmalaya (3) Perilaku Bullying siswa kelas V setelah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah guru mata pelajaran Akidah akhlak dan siswa/i kelas V MI Padamulya. Model pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran akidah akhlak. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian tersebut nantinya akan dianalisis hasilnya secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Sikap siswa sebelum menerapkan model pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran Akidah Akhlak masih kurang memperhatikan kenyaman sesama murid ketika belajar contohnya dengan sikap  yang tidak saling mengahrgai, saling memojokkan, atau bahkan mengolok-olok teman yang belum berani maju ke depan kelas. (2) implementasinya dibagi menjadi 3 tahapan, tahap pendahuluan; guru membuka pembelajaran dengan salam, menyampaikan tujuan pembelajaran, dan apersepsi, tahap isi; dilakukan dengan memberi stimulus, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan generalisasi, tahap penutup; guru menutup pembelajaran dengan mengapresiasi kinerja siswa diikuti pemberian motivasi penutup. (3) Setelah diterpakannya Model Pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran Aakidah Akhlak pada siswa kelas V makan dengan hasil evaluasi pembelajaran menggunakan 3 penilaian; penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penelitian keterampilan. Anak-anak dapat lebih menghargai sesama teman atau guru ketika belajar, memberikan dukungan atau kepercayaan kepada teman dengan baik, dan memperlakukan semua orang dengan baik tanpa memandang apapun.  Maka dari itu guru pendamping mata pelajaran khususnya akidah akhlak saling bahu membahu memberikan bimbingan dan pengajaran terutama dibidang akidah dan akhlak agar mampu mencegah dan meminimalisir terjadinya tindak perilaku bullying di lingkunhan sekolah khususnya di MI Padamulya, Desa Padamulya, Kecamatan Padamulya, Kabupaten Ciamis.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles