Analisis Impelementasi Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) Dalam Upaya Meningkatkan Kecintaan Siswa Terhadap Lingkungan Di SDIT Wasilatul Huda

Penulis

  • Nina Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Ecep Romdoni Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v5i1.366

Kata Kunci:

P5, PjBL, Projek, cinta lingkungan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi project penguatan profil pelajar pancasila (P5) melalui model pembelajaran project based learning (PjBL) dan Upaya meningktakan kecintaan siswa terhadap lingkungan di SDIT Wasilatul Huda. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitiani ini didasari karena kurangnya pemahaman terhadap P5 atau Projeck Penguatan Profil Pelajar Pancasila sehingga di implementasikan dengan model pembelajaran Project Based Learning serta kurangnya kesadaran peserta didik terhadap lingkungan sekolah yang dapat dilihat dengan berserakannya sampah, curat coret meja dan tembok dan lain sebaginya. Dari populasi yang ada di ambil sampling kelas IV SDIT Wasilatul Huda Hasil dari penelitian berupa deskripsi dari keadaan peserta didik sebelum penelitan dan sesudah penelitian yaitu berupa tingkat kesadaran peserta didik terhadap kebersihan sebelum penelitian sangat kurang bahkan cenderung tidak tahu pentingnya kebersihan. Setelah diadakan penelitian peserta didik terutama pembuatan projek daur ulang sampah tingkat kesadaran terhadap kebersihan menjadi meningkat sehingga tercipta lingkungan yangn bersih dan menyenangkan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles