Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Cipinaha Kecamatan Gunung Tanjung

Penulis

  • Suci Zakiyah Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Ai Siti Sulastri Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v5i1.368

Kata Kunci:

inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar.

Abstrak

Hasil belajar merupakan akhir dari terselesaikannya proses pembelajaran di dunia pendidikan. Untuk mendapatkan hasil belajar yang baik guru harus berperan penting dalam penggunaan model pembelajaran yang menarik dan beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan Hasil Belajar IPA kelas V SDN Cipinaha Kecamatan Gunung Tanjung melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2024. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas V SDN Cipinaha pada tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 15 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Data hasil belajar diambil dari hasil pre-test dan post-test sebanyak 10 soal, Untuk menganalisis datanya, peneliti menggunakan software SPSS versi 25. Berdasarkan perhitungan uji-t non parametrik nilai Signifikansi (2-tailed) 0,001 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal (Pre Test) dengan Variabel Akhir (Post Test). Ini menunjukkan adanya pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing Variabel.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles