Pengaruh penggunaan Media Audio visual terhadap hasil belajar Matematikapada materi Bangun ruang di kelas VI MI Persis Gandok
DOI:
https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v5i1.369Kata Kunci:
Media Audio Visual, Hasil belajar Matematika, Bangun ruangAbstrak
Penggunaan Media pembelajaran khususnya Media Audio Visual masih sangat rendah digunakan dalam pembelajaran Matematika. Dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan, guru lebih dominan menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran. hal ini, menyebabkan hasil belajar yang diperoleh siswa belum maksimal. Dari permasalahan tersebut, maka guru memerlukan upaya agar hasil belajar siswa dapat mencapai KKM. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Media Audio Visual yang dapat membantu menampilkan fakta atau konsep secara nyata, sehingga siswa akan lebih mudah memahami pembelajaran yang diberikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Audio visual terhadap hasil belajar Matematika pada materi Bangun Ruang di kelas VI MI Persis Gandok. Penelitian ini menggunakan metode Pre-ekperimental design jenis One group Pretest – Posttest design. Teknik pengambilan sampel yang akan digunakan oleh peneliti adalah Sampling Purposive dengan jumlah sampel 26 siswa kelas VI B. Instrumen penelitian berupa tes uraian essay sebanyak 20 soal yang diuji analisiskan kepada dua orang Ahli Matematika. Setelah diuji analisiskan kepada Ahli, maka instrumen penelitian yang digunakan sebanyak 10 butir soal essay yang dijadikan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata- rata nilai Pre-test sebesar 73,58 dan nilai Posttest sebesar 85.65, dengan nilai signifikasi pada Pre- test sebesar 0,308 dan Posttest sebesar 0,372. Artinya, perolehan nilai Sig. > 0,05 dan data tersebut dapat dikatakan berdistribusi normal dengan nilai Sig. secara keseluruhan pada uji homogenitas adalah 0,201 > 0,05. Pengujian hipotesis dengan uji –t diperoleh nilai Sig. ( 2-tailed) sebesar 0,000 dimana nilai Sig. lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal itu, menunjukan bahwa terdapat pengaruh pnggunaan ,media Audio Visual terhadap hasil belajar Matematika pada materi Bangun Ruang di Kelas VI MI Persis Gandok