ANALISIS KEMAMPUAN TPACK CALON GURU MI DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK DIGITAL

Penulis

  • Suci Nurmatin Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v6i1.414

Abstrak

Sebuah studi dengan melibatkan empat orang mahasiswa tingkat 2 yang mengampu mata kuliah pembelajaran IPA, memiliki tujuan untuk menganalisis kemampuan TPACK calon guru dalam membuat Big book digital sebagai media pembelajaran. TPACK merupakan kepanjangan dari Technological Pedagogical Content Knowledge yang didefinisikan sebagai kemampuan guru dengan mengintegrasikan antara konten, pedagogi dan teknologi dengan tujuan agar peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru melalui teknologi. Kemampuan TPACK berhubungan dengan pembuatan media pembelajaran salah satunya Big book digital. Big book digital dalam penelitian ini merupakan buku cerita dalam bentuk digital dengan gambar dan teks yang besar serta memiliki warna-warni yang menarik. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah format rubrik penilaian Big book digital. Hasil analisis media pembelajaran Big book digital kemudian dianalisis untuk setiap partisipan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan TPACK partisipan dalam membuat media pembelajaran Big book digital berada pada kriteria sangat baik dan sangat baik.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-30

Terbitan

Bagian

Articles