Analisis Kebutuhan Media "pizza" dalam Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Pecahan Kelas 2 MI/SD di Kecamatan Tlogomulyo

Penulis

  • Anisatul Halimah Institut Islam Nahdhlatul Ulama Temanggung
  • Hamidulloh Ibda Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung

DOI:

https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v6i1.420

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran “pizza” dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi bilangan pecahan untuk siswa kelas 2 MI/SD di Kecamatan Tlogomulyo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengam desain survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 10 siswa dan 5 guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa sangat membutuhkan media pembelajaran “pizza” karena dapat meningkatkan pemahaman, motivasi, keaktifan belajar, serta kolaborasi di dalam kelompok. Siswa jga beraharap media tersebut memiliki desain yang menarik dan menyerupai bentuk aslinya. Di sisi lain, sebagaian besar guru menilai bahwa media “pizza” relevan dengan kurikulum, mudah digunakan, dan efektif dalam menjelaskan konsep bilangan pecahan. Mereka juga berharap agar media ini dapat mendukung proses pembelajaran yang lebih kreatif , menarik, dan kontekstual. Secara keseluruhan, penelitian ini memngungkapkan bahwa media “pizza” memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas 2 MI/SD.

 

Kata kunci: media pembelajaran; bilangan pecahan; matematika

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-30

Terbitan

Bagian

Articles