DAMPAK DIGITALISASI TERHADAP KESIAPAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Penulis

  • Nina Yuningsih Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v6i1.492

Kata Kunci:

Guru Madrasah Ibtidaiyah; Revolusi Industri 4.0; Kesiapan Guru;Literasi Digital

Abstrak

Digitalisasi telah menjadi salah satu pilar utama dalam transformasi pendidikan di era Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak digitalisasi terhadap kesiapan guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam menghadapi tantangan perubahan teknologi dan metode pembelajaran yang semakin modern. Guru MI, sebagai ujung tombak pendidikan dasar Islam, memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan kompetensi siswa. Namun, dengan kemajuan teknologi yang pesat, diperlukan adaptasi yang signifikan agar mereka dapat tetap relevan dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru MI masih menghadapi berbagai kendala dalam mengadopsi teknologi digital, seperti kurangnya pelatihan, infrastruktur yang terbatas, serta minimnya literasi digital. Meskipun demikian, ada beberapa guru yang menunjukkan inisiatif mandiri dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menekankan pentingnya program pelatihan berkelanjutan bagi guru MI untuk meningkatkan kompetensi digital mereka. Selain itu, dukungan kebijakan dari pemerintah dan lembaga pendidikan juga diperlukan guna menyediakan akses teknologi yang merata. Dengan demikian, digitalisasi tidak hanya menjadi tantangan, tetapi juga peluang untuk memperkuat kualitas pendidikan di madrasah. Digitalisasi

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-30

Terbitan

Bagian

Articles