PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VI MI PERSIS GANDOK KOTA TASIKMALAYA

Penulis

  • Taufik Rohman Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Risa Nuri Sahar Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v6i1.496

Kata Kunci:

Media Audio Visual, Hasil belajar Matematika, Bangun ruang

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menguji penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang di kelas VI MI Persis Gandok Kota Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-ekperimental design jenis One group Pretest – Posttest design. Penelitian dilaksankan di MI Perisis Gandok Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MI di Jawa Barat, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa MI Persis Gandok Kota Tasikmalaya. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Dari populasi terjangkau dipilih satu kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VI-B. Instrumen penelitian berupa tes uraian yang sebelumnya sudah diuji analisiskan kepada dua orang ahli matematika. Analisis terhadap hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan bantuan software SPSS Ver.25. Pengolahan data uji pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang dilakukan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% (ά=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata- rata nilai pre-test sebesar 73,58 dan nilai posttest sebesar 85.65 serta diperoleh nilai Sig. ( 2-tailed) sebesar 0,000 maka Ha diterima (H0 ditolak). Artinya,  terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar Matematika pada materi bangun ruang di Kelas VI MI Persis Gandok Kota Tasikmalaya.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-30

Terbitan

Bagian

Articles