PENGARUH MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V MI YAYASAN ISLAM KOTA TASIKMALAYA

Penulis

  • Astri Nur Islamy Institut Agama Islam Tasikmalaya
  • Rahsa Nurin Wakil Institut Agama Islam Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.70143/asatidzuna.v6i1.497

Kata Kunci:

Cerita Bergambar, Membaca Pemahaman, Gagasan Pokok.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan penggunaan media cerita bergambar terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V MI Yayasan Islam Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain metode True Eksperimental Design tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi MI Yayasan Islam tahun pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V-A (kelas eksperimen) berjumlah 13 orang dan V-B (kelas kontrol) berjumlah 15 orang. Penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Data kemampuan membaca pemahaman dianalisis menggunakan uji-t, diperoleh hasil nilai Sig (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05. Sesuai dengan kaidah pengambilan keputusan, bahwa nilai sig (2-tailed)< 0,05 atau 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka terdapat pengaruh media cerita bergambar terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menetukan gagasan pokok dan kalimat utama di kelas V MI Yayasan Islam. Terdapat perbedaan nilai hasil keterampilan membaca pemahaman siswa sebelum dan sesudah dilakukan dengan media cerita bergambar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Yayasan Islam Tasikmalaya.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-30

Terbitan

Bagian

Articles